JPSDM VOL.3.NO.2 JUNI 2024 PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU PADA PONDOK PESANTREN AL – HALIMY SESELA LOMBOK BARAT

  • Muhammad Habibie FEB Unram
  • Mukmin Suryatni FEB Unram
  • Siti Nurmayanti FEB Unram
Keywords: Motivasi kerja, Disiplin Kerja, Kinerja Guru, Work motivation, Work Discipline, Teacher Performance

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada Pondok Pesantren Al Halimy Sesela Lombok Barat. Populasi dalam penelittian ini adalah Guru Pondok Pesantren Al Halimy Sesela Lombok Barat, sedangkan sampel dari penelitian ini sebanyak 45 Guru dengan menggunakan teknik pengambilan sampel survei. Jenis ini merupakan penelitian asosiatif kausal. Pengolahan data ini menggunakan SPSS, dimana dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji t dan uji koefisien determinasi (R2). Berdasarkan hasil uji analisis, semua variabel berpengaruh secara parsial yang dimana Motivasi Kerja berpengaruh positif terhadap Kinerja Guru, Disiplin Kerja berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Guru. Berdasarkan hasil tersebut maka disarankan agar Pondok Pesnatren Al Halimy Sesela dapat meningkatkan motivasi kerja dan disiplin kerja sehingga dapat meningkatkan kinerja guru pada pondok pesantren Al Halimy Sesela Lombok Barat. This research aims to determine the influence of work motivation and work discipline on teacher performance at the Al Halimy Islamic Boarding School in Sesela, West Lombok.  The population in this research were teachers at the Al Halimy Sesela Islamic Boarding School, West Lombok, while the sample for this research was 45 teachers using survey sampling techniques.  This type is causal associative research.  This data processing uses SPSS, where validity tests, reliability tests, classical assumption tests, multiple linear regression tests, t tests and coefficient of determination (R2) tests are carried out.  Based on the results of the analysis test, all variables have a partial effect, where Work Motivation has a positive effect on Teacher Performance, Work Discipline has a significant effect on Teacher Performance.  Based on these results, it is recommended that Al Halimy Sesela Islamic Boarding School can increase work motivation and work discipline so that it can improve teacher performance at Al Halimy Sesela Islamic boarding school, West Lombok.
Published
2024-06-05