Gambaran Preferensi Mahasiswa Tahap Preklinik Fakultas Kedokteran Universitas Lampung Terhadap Berbagai Metode Pengajaran
DOI:
https://doi.org/10.29303/jk.v11i4.4758Kata Kunci:
Mahasiswa Preklinik, Metode pengajaran, PreferensiAbstrak
Latar belakang: Literatur terbaru telah membandingkan kegunaan metode pengajaran yang spesifik dengan metode lecture. Mahasiswa milenial cenderung lebih memilih pembelajaran yang berorientasi pada tim, serta menyarankan preferensi pendekatan pembelajaran kolaboratif dan berbasis teknologi, namun menurut beberapa literatur, mahasiswa kedokteran lebih menyukai metode lecture yang merupakan metode pengajaran yang pasif.Tujuan: mengetahui gambaran preferensi mahasiswa tahap preklinik Fakultas Kedokteran Universitas Lampung terhadap berbagai metode pengajaran.Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survey, metode pengambilan sampel yaitu dengan total sampling. Variabel pada penelitian ini adalah preferensi mahasiswa tahap preklinik Fakultas Kedokteran Universitas Lampung terhadap berbagai metode pengajaran. Data diambil langsung menggunakan angket pada mahasiswa angkatan aktif tahun 2016 dan 2017. Data dimasukkan ke Microsoft Excel lalu dikonversi ke dalam bentuk tabel dan dihitung mean-nya dari tiap variabel.Hasil: Dari hasil penelitian didapatkan mean tertinggi yaitu 4.134 untuk metode CSL, yang kedua yaitu kuliah dengan mean 3.717, setelah itu terdapat PAL dengan mean 3.481, PBL dengan mean 3.334, praktikum dengan mean 3.286, CBL dengan mean 3.218, TBL dengan mean 3.184, dan yang terakhir pleno dengan mean 2.673. Simpulan: Preferensi mahasiswa terhadap metode pengajaran dari mean yang tertinggi yaitu CSL, kuliah, PAL, PBL, praktikum, CBL, TBL, dan pleno.Unduhan
Diterbitkan
2022-12-30
Terbitan
Bagian
Articles