Persepsi Mahasiswa Farmasi Universitas Mataram Terhadap Kepemimpinan di Farmasi Komunitas
DOI:
https://doi.org/10.29303/jk.v12i4.4563Kata Kunci:
kepemimpinan, karakteristik pemimpin, farmasi komunitasAbstrak
Layanan kesehatan yang berkualitas belum tersedia secara merata di Indonesia. Menyediakan layanan kesehatan yang berkualitas dan merata adalah salah satu tanggung jawab farmasis di farmasi komunitas. Salah satu faktor yang mendukung peningkatan layanan kesehatan adalah peran pemimpin. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu meningkatkan potensi sumber daya manusia yang dipimpin dalam menjalankan pekerjaan sesuai dengan tujuan organisasi atau komunitas. Untuk meningkatkan potensi sumber daya manusia yang dipimpin dibutuhkan pengakuan dan kepercayaan dari orang yang dipimpin kepada pemimpin dan cara untuk mendapatkannya dipengaruhi oleh karakteristik pemimpin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pemimpin yang diharapkan di layanan kesehatan khususnya apotek oleh mahasiswa farmasi. Penelitian ini bersifat deskriptif berdasarkan hasil observasi menggunakan kuesioner yang disebarkan secara daring. Hasil penelitian berupa 17 karakter pemimpin yang diharapkan ada pada sosok pemimpin berdasarkan teori-teori kepemimpinan yang dikemukakan oleh para ahli kemudian dianalisis secara statistik deskriptif. Lima karakter yang paling banyak dipilih antara lain jujur (25%), kompeten (16,2%), membangkitkan semangat (7,4%), berorientasi kedepan (7,4%) dan berwawasan luas (7,4%). Selain memiliki karakter tersebut pemimpin di farmasi komunitas diharapkan menguasai mata kuliah manajemen farmasi dan memiliki soft skills berupa kemampuan komunikasi yang baik dan kemampuan kerja sama dalam tim.Unduhan
Diterbitkan
2023-12-31
Terbitan
Bagian
Articles