HUBUNGAN ANTARA SIKAP, HAMBATAN, DENGAN KETERLIBATAN DALAM PENELITIAN PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM

  • Susi Puspitasari Fakultas Kedokteran Universitas Mataram
  • Yoga Pamungkas Susani Fakultas Kedokteran Universitas Mataram
  • Akhada Maulana Fakultas Kedokteran Universitas Mataram

Abstrak

Penelitian seringkali dijadikan indikator untuk menentukan penilaian kualitas suatu perguruan tinggi. Dalam pendidikan kedokteran, mahasiswa dituntut untuk dapat menelaah maupun melakukan penelitian kedokteran sesuai dengan profesionalitas dokter sebagai pembelajar sepanjang hayat. Penelitian ini bertujuan untuk menilai hubungan sikap terhadap penelitian dan hambatan penelitian dengan keterlibatan penelitian mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitaas Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif berdesain cross-sectional survey. Sebanyak 129 dari total 140 mahasiswa jurusan pendidikan dokter Fakultas Kedokteran Universitas Mataram semester 5 dan 7 yang telah mengikuti mata kuliah metodologi penelitian melengkapi kuesioner Revised Attitude Towards Research (R-ATR) untuk mengukur sikap terhadap penelitian, kuesioner hambatan penelitian dan keterlibatan dalam penelitian. Data dianalisis menggunakan uji korelasi Spearman. Sikap terhadap penelitian memiliki korelasi signifikan positif dengan keterlibatan penelitian (r=0,322; p <0,001), sedangkan hambatan penelitian memiliki korelasi signifikan negatif lemah dengan keterlibatan penelitian (r=-0,209; p <0,05). Sikap terhadap penelitian dan hambatan penelitian dapat menjadi faktor yang memengaruhi tinggi rendahnya keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan penelitian
Diterbitkan
2021-06-30