Melatih Kemampuan Menganalisis Literatur, Formulasi Gagasan dan Kemampuan Presentasi Mahasiswa Melalui Chemistry Slam

  • Lalu Rudyat Telly Savalas University of Mataram
  • Agus Abhi Purwoko Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia
  • Yayuk Andayani Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia
  • Rahmawati Rahmawati Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia
  • Baiq Fara Dwirani Sofia Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia
  • Aruna Akbar Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia
  • Ahmad Wisnu Adi Riyanto Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia
  • Jannatin ‘Ardhuha Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia
  • Ermia Hidayanti Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia

Abstract

Proyek pengabdian kepada masyarakat bertema chemistry slam telah dilakukan. Chemistry slam adalah versi kimia dari Science Slam yang populeritasnya semakin meningkat. Peserta kegiatan ini adalah mahasiswa tingkat sarjana dan tidak terbatas pada mahasiswa kimia atau pendidikan kimia. Dalam kegiatan chemistry slam, peserta diminta untuk menelusuri literatur tentang topik-topik tertentu dalam kimia atau kesulitan dalam pengajaran kimia yang menyebabkan miskonsepsi atau konsepsi alternatif di kalangan siswa. Mereka selanjutnya merancang strategi pengajaran dan memfilmkan peran mereka sebagai guru yang mengajarkan topik pilihan mereka. Suatu panel ahli mereview video yang dikirimkan untuk memilih pemenang dengan presentasi dan catatan konsep terbaik. Persepsi partisipan direkam dengan kuesioner yang ditindaklanjuti dengan wawancara pendalaman. Sebagian besar peserta merespon positif kegiatan ini. Sembilan puluh persen peserta menyatakan bahwa mereka berlatih untuk menganalisis artikel ilmiah secara kritis. Delapan puluh persen peserta merasa memiliki kesempatan untuk melatih diri merumuskan ide. Selain itu, sebagian besar peserta mengakui masukan dari dewan juri bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan presentasi mereka. Secara keseluruhan, proyek chemistry slam merupakan aktivitas yang sangat baik, terutama selama pandemi di mana motivasi belajar mendekati mahasiswa umumnya rendah.
Published
2022-02-18
Section
Articles