Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Besar Biaya Pengeluaran Belanja Online Mahasiswa Fmipa Universitas Mataram Menggunakan Regresi Tobit

Penulis

  • Tari Utami Widiawati Program Studi Matematika, Universitas Mataram
  • Muhammad Rijal Alfian Program Studi Matematika, Universitas Mataram
  • Zulhan Widya Baskara Program Studi Statistika, Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/ijasds.v2i2.8975

Kata Kunci:

Belanja Online, Mahasiswa, Regresi Tobit

Abstrak

Kegiatan konsumsi mahasiswa disamping untuk keperluan kuliah, kegiatan konsumsi juga dilakukan untuk menunjang penampilan dengan membeli barang secara online. Dalam berbelanja online, besar biaya pengeluaran mahasiswa dapat dipengaruhi oleh berbagai fakor. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui model dan menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi besar biaya pengeluaran belanja online mahasiswa menggunakan regresi tobit dimana variabel terikatnya mempunyai pengamatan tidak lengkap atau terdapat data yang hilang. Data yang digunakan merupakan data biaya pengeluaran belanja online mahasiswa FMIPA Universitas Mataram dan menggunakan 8 variabel bebas. Berdasarkan hasil penelitian terdapat 7 variabel bebas yang dinyatakan dapat berpengaruh secara positif dan satu variabel bebas berpengaruh negatif terhadap biaya pengeluaran belanja online mahasiswa FMIPA. Namun dari model yang dihasilkan diperoleh nilai R2 yang sangat kecil yaitu 0,113. Artinya, hanya 11,3% variasi pengeluaran belanja online dapat dijelaskan oleh delapan variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini, sementara 88,7% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar model. Hal ini juga dapat dilihat dari sedikitnya variabel yang signifikan secara individu.

Referensi

Alfianur, F. (2011). Pemodelan Regresi Tobit Bivariat pada Data Tersensor: Studi Kasus pada Pengeluaran Rumah Tangga untuk Konsumsi Ikan Segar dan Susu [Disertasi doktoral, Universitas Brawijaya].

APJII. (2022). Profil Internet Indonesia 2022. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. https://apjii.or.id/

Dewi, T. A. S. (2020). Analisis Perilaku Belanja Online pada Kalangan Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa FEB UMP Purwokerto) [Skripsi, IAIN Purwokerto].

Dharma, I. K. A. S., & Santika, I. W. (2014). Pengaruh Variabel Sosial, Kepribadian, Kontrol Diri, Jenis Kelamin, dan Uang Saku terhadap Keputusan Belanja Online Remaja di Kota Denpasar [Disertasi doktoral, Udayana University].

Fatmawati, E. U., Hardati, R. K., & Hardati, R. N. (2022). Pengaruh Diskon Harga dan Kualitas Produk Terhadap Pembelian Impulsif secara Online (Studi pada Penggunaan Shopee di Kalangan Mahasiswa Kampus Swasta UNISMA dan UMM). *Jiagabi (Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis), 11(1), 197–205.

Gujarati, D. N. (2004). Basic Econometrics (4th ed.). McGraw-Hill.

Jeryana, I. P., Kencana, I. P. E. N., & Gandhiadi, G. K. (2014). Model Regresi Tobit Konsumsi Susu Cair Pabrik (Studi Kasus Rumah Tangga di Provinsi Bali). E-Jurnal Matematika, 3(2), 75–78.

Lisma, N., & Agung, H. (2016). Analisis perilaku Konsumsi Mahasiswa ditinjau dari Motif Bertransaksi (Studi Kasus pada Mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan Tahun 2012). JPE, 9(1).

Prayanti, A. (2018). Penerapan Analisis Regresi Tobit untuk Mengetahui Faktor-Faktor yang mempengaruhi prestasi Belajar Mahasiswa FMIPA (Studi Pada Mahasiswa Tahun Angkatan 2014-2016 Fakultas MIPA Universitas Brawijaya Malang). [Disertasi Doktoral, Universitas Brawijaya].

Sari, Y. T. K., Hendrastomo, G., & Januarti, N. E. (2020). Belanja Online dan Gaya Hidup Mahasiswa di Yogyakarta. E-Societas, 9(2).

Sembiring, A. P. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Besar Klaim Asuransi Jiwa dengan Menggunakan Model Regresi Tobit. Bimaster: Buletin Ilmiah Matematika, Statistika dan Terapannya, 8(4).

Siburian, A. Y. (2020). Analisis Pengeluaran dan Tingkat Kesejahteraan Mahasiswa Universitas Islam Riau (UIR) di Kota Pekanbaru [Disertasi Doktoral, Universitas Islam Riau].

Tsana, I. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Transaksi Belanja Online Via Platform Marketplace (Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 8(2).

Wahab, W. (2022). Studi Minat Belanja Online Gen X dan Milenial di Kota Pekanbaru. Jurnal Bisnis Kompetitif, 1(2), 184–189.

Diterbitkan

2025-12-15

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Besar Biaya Pengeluaran Belanja Online Mahasiswa Fmipa Universitas Mataram Menggunakan Regresi Tobit. (2025). Indonesian Journal of Applied Statistics and Data Science, 2(2), 104-112. https://doi.org/10.29303/ijasds.v2i2.8975