Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Belanja Mahasiswa Kota Mataram pada Live Produk di Tiktok dan Shopee

Penulis

  • Syifa Salsabila Satya Graha , Program Studi Matematika, Universitas Mataram, Indonesia
  • Nisa Ul Istiqomah , Program Studi Matematika, Universitas Mataram, Indonesia
  • Ika Wulandari , Program Studi Matematika, Universitas Mataram, Indonesia
  • Ismi Asmawati , Program Studi Matematika, Universitas Mataram, Indonesia
  • Zulhan Widya Baskara , Program Studi Statistika, Universitas Mataram, Indonesia
  • Dina Eka Putri , Program Studi Statistika, Universitas Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29303/ijasds.v2i1.6913

Kata Kunci:

Live Shopping, Shopee, Tiktok, Minat Belanja, Regresi Linear Berganda

Abstrak

Perkembangan live shopping di platform Shopee dan TikTok telah mengubah perilaku belanja konsumen, termasuk mahasiswa di Kota Mataram. Penelitian ini memiliki dua tujuan utama. Tujuan pertama adalah untuk mengidentifikasi delapan variabel independen yang memengaruhi minat belanja mahasiswa saat Live shopping di kedua platform tersebut, yang dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Tujuan kedua adalah untuk mengkaji hubungan antara keputusan berbelanja dengan minat belanja menggunakan analisis korelasi, yang difokuskan secara khusus pada dua variabel tersebut karena keterkaitannya yang signifikan dalam konteks tindakan konsumen. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, dengan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,95 yang di mana menunjukkan tingkat konsistensi yang tinggi.  Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa model memenuhi asumsi multikolinearitas, namun tidak memenuhi asumsi normalitas dan homogenitas. Regresi linear berganda menunjukkan nilai R sebesar 0,75, yang mengindikasikan hubungan yang kuat antara variabel independen terhadap minat belanja responden. Faktor substansial yang memengaruhi minat belanja meliputi interaksi dan engagement, kualitas dan variasi produk, serta kepuasan belanja saat Live. Sementara itu, faktor harga, keikutsertaan influencer, keterbatasan waktu, gender, dan platform tidak menunjukkan pengaruh yang substansial.

Referensi

Abzari , M., Ghassemi, R. A., & Vosta, L. N. (2014). Analyzing The Effect of Social Media on Brand Attitude and Purchase Intention : The Case of Iran Khodro Company. Journal of Social and Behavioral Sciences , 822-826.

Aji, W. N. (2018). Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia (PIBSI) XL (pp. 431-440). Klaten: Universitas Widya Dharma.

Aziza, N. (2023). Metodologi Penelitia 1: Deskriptif Kuantitatif. Bandung: CV Media Sains Indonesia.

Badriyah, J., Fariza, A., & Harsono, T. (2022). Prediksi Curahh Hujan Menggunakan Long SHort Term Memory. Jurnal Media Informatika Budidarma, 6(3), 1297-1303.

G, S., Sukmawati, S., & Promono. (2012). Pertimbangan Dalam Membeli Produk Barang Jasa. Jakarta: Intidayu Pres.

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, l. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gujarati, D. N., & Porter, D. C. (2009). Basic Econometrics: Fifth Edition. New York: McGraw-Hill Irwin.

Hidayati, L., Chamidah, N., & Budiantara, I. (2020). Estimasi Selang Kepercayaan Nilai Ujian Nasional Berbasis Kompetensi Berdasarkan Model Regresi Semiparametrik Multirespon Truncated Spline. Media Statistika, 92-103.

Janna, N. M., & Herianto. (2021). Konsep Uji Validitas dan Reabilitas Dengan Menggunakan SPSS. Preprints.

Kurniawan, A., Marlinah, L., Noverha , Y., & Islami, V. (2024). Pengaruh Digital Marketing, Social Media Engagement, dan Customer Trust Terhadap Loyalitas Pelanggan E-Commerce . Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 4202-4214.

Maurisni, P., & Lesmana, A. (2024). Eksplorasi Pengalaman Konsumen dalam Berbelanja di Tiktok Shop Kosmetik Skinttific: Motivasi, Persepsi Sebagai Faktor penentu. EKOMA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akutansi, 1855-1864.

Ramadiansyah , S. A., Pradhana, I. D., & Haes, P. E. (2024). Pengaruh Diskon Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Di Shopee 11.11. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 851-858.

Santoso, S. (2019). Mengolah Data Statistik Secara Profesional dengan SPSS 25. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sastika, W. (2018). Analisis Kualitas Layanan dengan Menggunakan Metode E-Servis Quality untuk Mengetahui Kepuasan Pelanggan Belanja Online Shoope (Studi Kasus: Pelanggan Shopee Di Kota Bandung 2017). IKRAITH-HUMANIORA, 69-74.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitafi, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wijaya, T. (2021). Tantangan dan Peluang Digitalisasi bagi UMKM. Jurnal Manajemen , 33-46.

Wreta, A. (2022, Agustus 8). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif: Pengertian, Contoh, dan Jenisnya. Retrieved from detikJabar: https://www.detik.com/jabar/berita/d-6221569/metode-penelitian-kualitatif-dan-kuantitatif-pengertian-contoh-dan-jenisnya

Yusuf, M. A., Herman, Abraham, T. A., & Rukmana, H. (2024). Analisis Regresi Sederhana dan Berganda Beserta Penerapannya. Journal on Education, 13331-13344.

Diterbitkan

2025-05-31

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Belanja Mahasiswa Kota Mataram pada Live Produk di Tiktok dan Shopee. (2025). Indonesian Journal of Applied Statistics and Data Science, 2(1), 20-33. https://doi.org/10.29303/ijasds.v2i1.6913