Determinasi Faktor Psikososial terhadap Kesehatan Mental Mahasiswa Matematika Universitas Mataram Selama Penyusunan Skripsi

Penulis

  • Aulia Sahadatin Program Studi Matematika, Universitas Mataram
  • Rosa Anggara Program Studi Matematika, Universitas Mataram
  • Zulhan Widya Baskara Program Studi Statistika, Universitas Mataram
  • Dina Eka Putri Program Studi Statistika, Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/ijasds.v2i2.6831

Kata Kunci:

Kesehatan Mental, Skripsi, Regresi Linier Berganda

Abstrak

Penelitian ini mengkaji hubungan antara persiapan skripsi dan kesehatan mental mahasiswa Program Studi Matematika di Universitas Mataram, dengan fokus pada faktor-faktor kunci yang memengaruhi proses skripsi. Faktor-faktor tersebut meliputi motivasi untuk lulus tepat waktu, dukungan teman atau sekitarnya, ketersediaan sumber daya pembelajaran, dan dukungan pembimbing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi untuk lulus tepat waktu (x1) memiliki dampak positif yang paling kuat dan signifikan dengan kesehatan mental. Dukungan dosen pembimbing (x4 ) berdampak positif tetapi tidak signifikan terhadap kesehatan mental, ketersediaan sumber belajar (x3) berdampak positif dan signifikan terhadap kesehatan mental, sementara dukungan sosial (x2) justru ditemukan memiliki dampak negatif dan tidak signifikan terhadap kesehatan mental. Penelitian ini menyoroti pentingnya motivasi dan dukungan akademik dalam meningkatkan kesejahteraan mental mahasiswa selama proses penyusunan skripsi.

Referensi

Ahadi, G. D., & Zain, N. N. L. E. (2023). Pemeriksaan Uji Kenormalan dengan Kolmogorov-Smirnov, Anderson-Darling dan Shapiro-Wilk. Eigen Mathematics Journal, 11-19.

Amandus, H., Mawarni, D., Effendy, C., & Hasanbasri, M. (2018). Sulit bertemu dosen” dan “merasa tidak memperoleh masukan”: Persepsi mahasiswa tentang sosok pembimbing skripsi. Berita Kedokteran Masyarakat, 34(6), 250-255.

Barrera, M. (2000). Social support and social network interventions. In A. S. Gellis & M. L. McDermott (Eds.), Handbook of Clinical Psychology (pp. 109–123). Wiley.

Baumeister, R. F., & Vohs, K. D. (2007). Self-regulation and the executive function: The self's role in controlling behavior. In C. S. Carver & M. F. Scheier (Eds.), The Handbook of Self-Regulation (pp. 12–39). Academic Press.

Berk, R. A. (2005). Research Methods in Criminal Justice and Criminology (5th ed.). Pearson Prentice Hall.

Cohen, S., & Wills, T. A. (1985). Stress, social support, and the buffering hypothesis. Psychological Bulletin, 98(2), 310-357. https://doi.org/10.1037/0033-2909.98.2.310

Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2000). The "what" and "why" of goal pursuits: Human needs and the self-determination of behavior. Psychological Inquiry, 11(4), 227-268. https://doi.org/10.1207/S15327965PLI1104_01

Fania, A., & Handayani, F. S. (2024). Analisis Usabilitas Aplikasi Magang RRI Palembang Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda. Teknomatika, 14(01), 68-77.

Hidayatullah, I., Suryadi, D., & Nurasiyah, S. (2021). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi penyelesaian skripsi mahasiswa pada program studi pendidikan teknik bangunan di masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan, 1(1), 13-20.

Idaiani, S., & Suhardi, S. (2006). Validitas dan reliabilitas General Health Questionnaire untuk skrining distres psikologik dan disfungsi sosial di masyarakat. Indonesian Bulletin of Health Research, 34(4), 65029.

Jabnabillah, F., & Margina, N. (2022). Analisis korelasi pearson dalam menentukan hubungan antara motivasi belajar dengan kemandirian belajar pada pembelajaran daring. Jurnal Sintak, 1(1), 14-18.

Kinasih, H. W., Prajanto, A., & Sartika, M. (2022). Lulus Tepat Waktu Mahasiswa Akuntansi: Faktor Apa Saja Yang Mempengaruhi. Juara: Jurnal Riset Akuntansi, 12(2), 285-296.

Kotera, Y., Lieu, J., Kirkman, A., Barnes, K., Liu, G. H., Jackson, J., ... & Riswani, R. (2022, August). Mental wellbeing of Indonesian students: Mean comparison with UK students and relationships with self-compassion and academic engagement. In Healthcare (Vol. 10, No. 8, p. 1439). MDPI.

Langer, E. J. (1975). The illusion of control. Journal of Personality and Social Psychology, 32(2), 311–328. https://doi.org/10.1037/0022-3514.32.2.311

Lazarus, R. S., & Folkman, S. (1984). Stress, Appraisal, and Coping. Springer Publishing Company.

Madani, A., Prasetyowati, I., & Kinanthi, C. A. (2022). Hubungan Karakteristik Mahasiswa Dengan Kesehatan Mental Mahasiswa Selama Kuliah Online. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 18(2), 72-81.

Mulyani, D., & Jasrial, J. (2023). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penyelesaian Skripsi Mahasiswa di Departemen Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. Journal of Educational Administration and Leadership, 4(1), 9-14.

Nugraha, B. (2022). Pengembangan uji statistik: Implementasi metode regresi linier berganda dengan pertimbangan uji asumsi klasik. Pradina Pustaka.

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000). Self-determination theory and the facilitation of intrinsic motivation, social development, and well-being. American Psychologist, 55(1), 68–78. https://doi.org/10.1037/0003-066X.55.1.68

Sitompul, H., Daryanto, E., Sitanggang, N., & Mulyana, D. (2018). Kualitas Dosen dalam Pembimbingan Skripsi Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 20(01), 24-29.

Sugiharno, R. T., Susanto, W. H. A., & Wospakrik, F. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecemasan Mahasiswa dalam Menghadapi Tugas Akhir. Jurnal Keperawatan Silampari, 5(2), 1189-1197.

Suliati, S., Achmadi, S., & Rudhistiar, D. (2022). Penerapan Sistem Pakar Untuk Deteksi Dini Mental Illness Dengan Menggunakan Metode Forwad Chaining Dan Certainty Factor Berbasis Website. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 6(2), 1087-1095.

Tuaputimain, H., & Tutupary, V. (2021). Hubungan antara dukungan sosial dengan prokrastinasi akademik di kalangan mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi. Tangkoleh Putai, 18(2), 145-159.

Wahjuningsih, T. P., Siswanto, V. A., & Sulistyorini, P. (2022). Analisis Faktor Kesulitan Penyelesaian Skripsi di Masa Covid dengan Motivasi Lulus Tepat Waktu sebagai Variabel Intervening. IC Tech: Majalah Ilmiah, 17(2), 40-46.

Wangge, M. (2021). Penerapan Metode Principal Component Analysis (PCA) Terhadap Faktor-faktor yang Mempengaruhi Lamanya Penyelesaian Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNDANA. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 974-988.

Widyasari, W. (2017). Kemandirian Belajar Mahasiswa Pgsd Berdasarkan Ketersediaan Sumber Belajar. Jurnal Sosial Humaniora, 8(2).

Diterbitkan

2025-12-02

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Determinasi Faktor Psikososial terhadap Kesehatan Mental Mahasiswa Matematika Universitas Mataram Selama Penyusunan Skripsi. (2025). Indonesian Journal of Applied Statistics and Data Science, 2(2), 23-33. https://doi.org/10.29303/ijasds.v2i2.6831