Sosialisasi dan Pelatihan Digitalisasi Presensi dan Kinerja Guru SMA Negeri 4 Manado dengan Aplikasi DIGURU

Socialization and Training on the Digitalization of Teacher Attendance and Performance at SMA Negeri 4 Manado Utilizing DIGURU Application

Authors

DOI:

https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v5i3.8576

Keywords:

Android, Guru, Kinerja, Presensi

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah membawa perubahan signifikan dalam pengelolaan administrasi pendidikan, termasuk dalam proses presensi dan pelaporan kinerja guru. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk memperkenalkan dan meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan aplikasi DIGURU (Digitialisasi Presesnsi dan Kinerja Guru), yaitu aplikasi Android untuk Presensi guru berbasis geolocation dan swafoto (selfie), serta pelaporan aktivitas mengajar secara digital. Program ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Manado melalui tahapan sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan intensif kepada para guru. Dalam kegiatan ini, guru dilatih untuk melakukan presensi dengan validasi lokasi dan foto sebagai bukti kehadiran, serta mengunggah laporan kegiatan mengajar lengkap dengan dokumentasi foto kelas secara real-time. Hasil pelaksanaan menunjukkan peningkatan pemahaman, antusiasme, dan keterampilan guru dalam penggunaan teknologi digital. Aplikasi ini juga membantu pihak sekolah dalam memperoleh data kehadiran dan pelaporan kinerja guru yang lebih cepat, akurat, dan transparan. Implementasi DIGURU diharapkan menjadi langkah awal menuju transformasi digital dalam manajemen sekolah, serta meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan akuntabilitas administrasi pendidikan.

Downloads

Published

2025-11-30

How to Cite

Sosialisasi dan Pelatihan Digitalisasi Presensi dan Kinerja Guru SMA Negeri 4 Manado dengan Aplikasi DIGURU: Socialization and Training on the Digitalization of Teacher Attendance and Performance at SMA Negeri 4 Manado Utilizing DIGURU Application. (2025). Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora, 5(3), 1-11. https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v5i3.8576