Pendampingan Guru Matematika dalam Menyusun Instrumen Tes Higher Order Thinking Skills (HOTS) Terintegrasi Etnomatematika Ngadhu Bhaga

Assistance Program for Mathematics Teachers in Developing Higher Order Thinking Skills (HOTS) Test Instruments Integrated with Ngadhu Bhaga Ethnomathematics

Authors

  • Melkior Wewe Pendidikan Matematika, STKIP Citra Bakti, Ngada, NTT, Indonesia
  • Maria Editha Bela Pendidikan Matematika, STKIP Citra Bakti, Ngada, NTT, Indonesia
  • Christina Lusiana Hari Pendidikan Matematika, STKIP Citra Bakti, Ngada, NTT, Indonesia
  • Teofania Krsina Lola Pendidikan Matematika, STKIP Citra Bakti, Ngada, NTT, Indonesia
  • Kristianus Viktor Pantaleon Pendidikan Matematika, STKIP Citra Bakti, Ngada, NTT, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29303/rpxcf744

Keywords:

Etnomatematika, HOTS, Instrumen Tes, Ngadhu Bhaga

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk menambah pemahaman  guru matematika dalam membuat soal tes yang berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan terintegrasi dengan etnomatematika Ngadhu Bhaga. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 19 hingga 20 Agustus 2025, yang diikuti oleh 40 orang guru matematika dan 3 orang pengawas. Kegiatan ini melibatkan dua dosen dan satu mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Citra Bakti. Metode yang digunakan mencakup penyampaian informasi, pemaparan materi, bimbingan, diskusi, latihan membuat soal, serta evaluasi. Materi yang diberikan meliputi konsep HOTS, pengenalan etnomatematika Ngadhu Bhaga, serta cara mengintegrasikan etnomatematika Ngadhu Bhaga  ke dalam soal-soal matematika. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pemahaman guru meningkat dengan skor 3,80 (kategori paham), efektivitas bimbingan mencapai skor 3,95 (efektif), materi yang sesuai dengan kurikulum memiliki skor 4,00 (sangat sesuai), kebermanfaatan kegiatan sebesar 3,75 (bermanfaat), dan kepuasan peserta mencapai skor 3,90 (sangat puas). Namun, ada beberapa kendala yang dihadapi, seperti keterbatasan referensi, kesulitan dalam mengembangkan budaya lokal dalam soal HOTS, serta minimnya pengalaman para guru (skor 2,50). Kegiatan ini disarankan untuk dilanjutkan dengan pelatihan lanjutan, pengembangan bank soal berbasis etnomatematika, serta integrasi ke dalam program MGMP Matematika. 

Author Biography

  • Maria Editha Bela, Pendidikan Matematika, STKIP Citra Bakti, Ngada, NTT, Indonesia

    Dosen

Published

2025-11-02

How to Cite

Pendampingan Guru Matematika dalam Menyusun Instrumen Tes Higher Order Thinking Skills (HOTS) Terintegrasi Etnomatematika Ngadhu Bhaga: Assistance Program for Mathematics Teachers in Developing Higher Order Thinking Skills (HOTS) Test Instruments Integrated with Ngadhu Bhaga Ethnomathematics. (2025). Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora, 5(4), 12-22. https://doi.org/10.29303/rpxcf744