Praktik Pembuatan Cerita Digital Menggunakan Powerpoint untuk Menunjang Pembelajaran Steam di TK

PowerPoint-Based Digital Storytelling Practices to Promote STEAM Instruction in Kindergarten Classrooms

Penulis

  • Suci Utami Putri Universitas Pendidikan Indonesia image/svg+xml
  • Fajar Surya Somantri Universitas Pendidikan Indonesia image/svg+xml
  • Sarah Nur Fauziah Universitas Pendidikan Indonesia image/svg+xml
  • Syanindita Sifa Syahrani Universitas Pendidikan Indonesia image/svg+xml
  • Siti Rosidah TK Kartika XIX-34 Purwakarta Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v5i3.9036

Kata Kunci:

Cerita Digital, Media Digital, Pembelajaran Interaktif, Pengembangan Guru, PowerPoint

Abstrak

Perkembangan pendidikan modern menuntut para pendidikuntuk mampu menghadirkan pembelajaran yang menarik, interaktif, dan sesuai dengan kebutuhan para peserta didik. Namun, sebagian guru masih mengalami kendala dalam memanfaatkan media digital karena keterbasan pengetahuan, pendidik menganggap bahwa penggunaannya sulit, serta kebiasaan menggunakan metode konvensional. Permasalahan ini mendorong pelaksanaan workshop yang bertujuan meningkatkan kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran berbasis cerita digital melalui penggunaan PowerPoint yang dapat diakses dengan mudah dan menawarkan berbagai fitur visual, audio, serta animasi. Kegiatan dilaksanakan melalui pendekatan kualitatif dengan tahapan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengenali kebutuhan guru serta menyusun materi yang tepat. Pelaksanaan workshop berlangsung dalam beberapa sesi berupa penyampaian materi, penayangan contoh cerita digital, serta praktik langsung pembuatan cerita digital oleh para peserta. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa guru memperoleh pengetahuan baru mengenai pemanfaatan fitur PowerPoint dan mampu menghasilkan cerita digital yang mendukung penerapan pembelajaran yang mengintegrasikan sains, teknologi, rekayasa, seni, dan matematika. Kegiatan ini memberikan dampak positif berupa meningkatnya motivasi guru dalam menggunakan media digital serta kesiapan mereka menerapkan pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif.

Unduhan

Diterbitkan

2025-12-09

Cara Mengutip

Praktik Pembuatan Cerita Digital Menggunakan Powerpoint untuk Menunjang Pembelajaran Steam di TK: PowerPoint-Based Digital Storytelling Practices to Promote STEAM Instruction in Kindergarten Classrooms. (2025). DARMADIKSANI, 5(3), 147-155. https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v5i3.9036