Humor Gimik sebagai Strategi Brand Awareness Wirausaha Mahasiswa
Training on Humor Gimmicks as a Brand Awareness Strategy for Student Entrepreneurs
DOI:
https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v5i3.8713Kata Kunci:
Brand Awareness, Humor Gimik, Mahasiswa, WirausahaAbstrak
Pada era digital yang kompetitif, strategi pemasaran berbasis konten menjadi salah satu pilihan dalam meningkatkan brand awareness. Salah satu strategi yang semakin populer adalah penggunaan humor gimik dalam konten digital untuk menarik perhatian audiens. Namun, banyak wirausaha termasuk wirausaha muda yang belum memahami cara memanfaatkan humor gimik secara efektif dalam strategi pemasaran. Hal tersebut ditemui pada mahasiswa wirausaha Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa UNJ dalam menggunakan humor gimik sebagai strategi digital marketing. Program ini dilakukan melalui serangkaian pelatihan dan pendampingan yang meliputi sosialisasi, pelatihan, praktik implementasi dan evaluasi yang dikemas melalui dua kegiatan yaitu Seminar Pengabdian Kewirausahaan Mahasiswa dan Program “Gebyar PPKN”. Hasil evaluasi pengabdian menunjukkan bahwa humor gimik berbasis iklan produk berhasil meningkatkan perhatian khalayak terhadap produk melalui kesan menarik yang didapat khalayak. Diharapkan program ini dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai konsep branding, pemasaran digital, dan pembentukan brand awareness yang kuat.




