Pendampingan Pelaksanaan PTK bagi Guru Bahasa Inggris SMP di Kabupaten Lombok Barat

Assistance Program on Conducting Classroom Action Research for English Teachers at Junior High Schools in West Lombok Regency

Penulis

  • Lalu Thohir English Education Program, FKIP, University of Mataram, Indonesia
  • Muhammad Amin English Education Program, FKIP, University of Mataram, Indonesia
  • Mh. Isnaini English Education Program, FKIP, University of Mataram, Indonesia
  • Lalu Jaswadi Putera English Education Program, FKIP, University of Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v5i2.7503

Kata Kunci:

Guru Bahasa Inggris SMP, Pelaksanaan PTK, Penelitian Tindakan Kelas, Proposal PTK

Abstrak

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, minat, dan kemampuan para guru dalam melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan PKM ini dilaksanakan secara hybrid (daring dan luring) dan melibatkan 12 orang guru SMP di wilayah kabupaten Lombok Barat. Dalam prosesnya, kegiatan PKM ini terdiri dari penyampaian materi, penugasan dalam pembuatan proposal PKM, presentasi dan diskusi proposal dan pelaksanaan PTK. Berdasarkan kegiatan yang diselenggarakan, didapatkan bahwa para peserta sangat antusias dan berperan aktif dalam melaksanakan tahapan kegiatan PKM, baik itu secara daring maupun secara luring. Mereka mampu membuat proposal PTK dengan baik dan melaksanakan PTK secara kolaboratif. Dari hasil angket yang ada, secara umum para guru menyatakan bahwa mereka menyambut baik kegiatan ini dan berharap adanya kegiatan serupa yang dapat meningkatkan kompetensi mereka sebagai guru Bahasa Inggris. 

Diterbitkan

2025-09-16

Cara Mengutip

Pendampingan Pelaksanaan PTK bagi Guru Bahasa Inggris SMP di Kabupaten Lombok Barat: Assistance Program on Conducting Classroom Action Research for English Teachers at Junior High Schools in West Lombok Regency. (2025). DARMADIKSANI, 5(2), 166-173. https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v5i2.7503

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2