Peningkatan Keterampilan Bahasa Inggris Berbasis Deep Learning melalui The Santri Glow dan Pelatihan Manajemen Informasi di MA NW Suwangi
Improving the Skills in English Based on Deep Learning through the Santri Glow Application and Information Management Training at MANW Suwangi
DOI:
https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v5i3.8852Keywords:
Deep Learning, Pembelajaran Bahasa Inggris, Situs Web Sekolah, The Santri GlowAbstract
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris dan kapasitas manajemen informasi digital di MANW Suwangi Lombok Timur melalui penerapan teknologi pembelajaran berbasis Deep Learning menggunakan aplikasi The Santri Glow serta pelatihan pengelolaan situs web sekolah. Program dilaksanakan melalui dua rangkaian pelatihan utama, yaitu pelatihan bahasa Inggris selama dua hari dan pelatihan sistem informasi sekolah bagi operator. Untuk mengukur efektivitas pelatihan bahasa Inggris, dilakukan pre-test dan post-test dengan total 10 butir soal yang mencakup empat keterampilan: Listening, Speaking, Reading, dan Writing. Sebanyak 28 siswa mengikuti tes, dengan rata-rata skor pre-test sebesar 4,21, meningkat menjadi 5,93 pada post-test. Sebanyak 23 siswa mengalami peningkatan, 5 siswa tetap, dan tidak ada siswa yang mengalami penurunan. Analisis per keterampilan juga menunjukkan peningkatan merata, terutama pada Writing dan Speaking. Selain itu, pendampingan pengelolaan situs web sekolah menghasilkan peningkatan kemampuan operator dalam mengelola konten digital, memperbarui informasi sekolah, serta menggunakan platform WordPress secara mandiri. Secara keseluruhan, program PKM ini menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi interaktif yang relevan dengan minat digital siswa mampu meningkatkan motivasi dan kemampuan belajar, sekaligus memperkuat kapasitas sekolah dalam menyediakan layanan informasi yang lebih baik. Hasil ini menjadi landasan untuk pengembangan program lanjutan guna memastikan keberlanjutan dan perluasan dampak teknologi di lingkungan madrasah.




