Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Budaya Sasak dalam Layanan Pariwisata

The Implementation of Character Education Based on Sasak Cultural Values in Tourism Services

Authors

Boniesta Zulandha Melani , I Wayan Karta , Arifuddin Arifuddin , Sukardi Sukardi , Satria Rusdy Wijaya

DOI:

10.29303/darmadiksani.v5i2.8092

Published:

2025-09-03

Issue:

Vol. 5 No. 2 (2025): Edisi Juli-September

Keywords:

Budaya Lokal, Nilai Budaya Sasak, Layanan Pariwisata, Pendidikan karakter, Pengabdian Masyarakat

Articles

Downloads

How to Cite

Melani, B. Z., Karta, I. W., Arifuddin, A., Sukardi, S., & Wijaya , S. R. (2025). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Budaya Sasak dalam Layanan Pariwisata: The Implementation of Character Education Based on Sasak Cultural Values in Tourism Services. Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora, 5(2), 51–62. https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v5i2.8092

Abstract

Lombok memiliki kekayaan budaya Sasak yang sarat dengan nilai-nilai luhur seperti lomboq (jujur), besiru (gotong royong), patut (sopan santun), dan soloh (toleransi) yang berpotensi besar menjadi daya tarik pariwisata. Namun, nilai kearifan lokal ini belum sepenuhnya terintegrasi dalam layanan pariwisata yang dijalankan oleh mahasiswa dan dosen Politeknik Pariwisata Lombok. Kondisi ini menyebabkan layanan pariwisata cenderung menekankan aspek teknis semata dan kurang mengedepankan karakter berbasis budaya. Oleh karena itu, diperlukan sebuah program pengabdian untuk memperkuat pendidikan karakter berbasis budaya lokal dalam praktik layanan pariwisata. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk menambah pemahaman dan keterampilan dosen dan mahasiswa dalam menerapkan nilai-nilai budaya Sasak dalam layanan pariwisata, sehingga dapat meningkatkan daya saing pariwisata Lombok. Metode kegiatan dilaksanakan melalui sosialisasi, pelatihan, penerapan teknologi digital, pendampingan, dan evaluasi. Bentuk kegiatan mencakup penyusunan modul pelatihan, lokakarya intensif, simulasi layanan, serta pembuatan materi promosi pariwisata berbasis budaya dalam bentuk brosur. Hasil kegiatan menunjukkan pemahaman mahasiswa dan dosen terhadap nilai-nilai budaya Sasak serta keterampilan mereka dalam mengintegrasikan nilai tersebut dalam layanan pariwisata. Peserta mampu merancang skenario layanan wisata yang merefleksikan nilai budaya lokal, mempraktikkan penyambutan wisatawan berbasis adat, dan menghasilkan media promosi berbasis budaya. Modul mini yang dihasilkan juga dapat digunakan secara berkelanjutan sebagai bahan ajar. Selain itu, kegiatan ini memperkuat kolaborasi antara perguruan tinggi dan mitra industri pariwisata. Kesimpulannya, program pengabdian masyarakat ini meningkatkan kapasitas dosen dan mahasiswa Politeknik Pariwisata Lombok dalam layanan pariwisata berbasis budaya lokal. Model pelatihan ini dapat dijadikan rujukan bagi institusi vokasi lain dalam mengintegrasikan pendidikan karakter berbasis budaya ke dalam kurikulum dan praktik pariwisata. 

Author Biographies

Boniesta Zulandha Melani, Prodi Pendidikan Program Doktor, FKIP, University of Mataram, Indonesia

I Wayan Karta, Prodi Pendidikan Program Doktor, FKIP, University of Mataram, Indonesia

Arifuddin Arifuddin, Prodi Pendidikan Program Doktor, FKIP, University of Mataram, Indonesia

Sukardi Sukardi, Prodi Pendidikan Program Doktor, FKIP, University of Mataram, Indonesia

Satria Rusdy Wijaya , Prodi Pendidikan Program Doktor, FKIP, University of Mataram, Indonesia

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.