Sosialisasi dan Edukasi Peran Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen dalam Melindungi Usaha dalam Konteks Perlindungan Konsumen Pelaku UMKM

Socialization and Education on the Role of Consumer Dispute Settlement Agency in Protecting Businesses within the Context of MSME Consumer Protection

Authors

  • Desty Endrawati Subroto Universitas Bina Bangsa, Indonesia
  • Anisa Nur Agustin Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Bina Bangsa, Indonesia
  • Rosyid Wardan Fakultas Hukum, Universitas Bina Bangsa, Indonesia
  • Ahmad Tomi Firmansyah Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Bina Bangsa, Indonesia
  • Aris Widodo Prodi Magister Manajemen, Universitas Bina Bangsa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v5i2.8001

Keywords:

BPSK, Pelaku UMKM, Perlindungan Konsumen

Abstract

Penelitian berbasis pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi dan edukasi mengenai peran Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) dalam melindungi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Fokus penelitian diarahkan pada efektivitas dan tingkat kepuasan pelaku usaha terhadap peran BPSK dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah survei melalui penyebaran kuesioner kepada 15 pelaku UMKM yang berada di kelurahan Bendung, kota Serang. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif untuk menggambarkan distribusi jenis usaha, lokasi usaha, dan status legalitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pelaku usaha telah memiliki legalitas usaha dan mayoritas bergerak di bidang makanan ringan. Analisis lebih lanjut mengungkapkan bahwa 86,7% pelaku usaha telah memiliki usaha yang sah secara hukum. Temuan ini menegaskan bahwa BPSK berperan penting dalam meningkatkan kesadaran hukum, memperkuat legalitas usaha, serta memberikan perlindungan melalui kegiatan edukasi dan pendampingan kepada pelaku UMKM.

Downloads

Published

2025-08-30

How to Cite

Subroto, D. E., Agustin, A. N., Wardan, R., Firmansyah, A. T., & Widodo, A. (2025). Sosialisasi dan Edukasi Peran Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen dalam Melindungi Usaha dalam Konteks Perlindungan Konsumen Pelaku UMKM: Socialization and Education on the Role of Consumer Dispute Settlement Agency in Protecting Businesses within the Context of MSME Consumer Protection. Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora, 5(2), 38–50. https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v5i2.8001