Main Article Content

Vera Mandailina
Syaharuddin Syaharuddin
Abdillah Abdillah

Abstract

Artificial Intelligence (AI) menjadi media pembelajaran yang urgen dikuasai oleh guru. Oleh karena itu, kegiatan ini bertujuan untuk menerapkan teknologi AI dalam rangka meningkatkan kompetensi guru Madrasah Aliyah (MA) dalam menyusun perangkat pembelajaran. Sebanyak 20 orang guru MA menjadi peserta dalam pelatihan ini, di mana mereka diperkenalkan dengan berbagai alat AI, yaitu ChatGPT, Gemini, dan Perplexity. Metode pelatihan melibatkan pemberian materi teoretis dan praktis tentang penggunaan AI untuk mendukung proses penyusunan perangkat pembelajaran. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa peserta memberikan respon positif dengan nilai rata-rata sebesar 85,3. Meskipun demikian, peserta mengungkapkan bahwa durasi pelatihan dirasa belum cukup untuk mendalami materi secara optimal. Selain itu, kendala seperti lemahnya jaringan internet sempat mengganggu jalannya pelatihan, namun berhasil diatasi dengan berbagi jaringan dari telepon seluler. Temuan ini mengindikasikan bahwa untuk mencapai hasil yang lebih maksimal, diperlukan penambahan durasi pelatihan dan pengayaan materi dengan lebih banyak tema praktis. Dengan demikian, diharapkan penerapan AI dapat lebih efektif dalam meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun perangkat pembelajaran yang inovatif dan efektif. 

Article Details

How to Cite
Mandailina, V., Syaharuddin, S., & Abdillah, A. (2024). Pelatihan Penerapan Teknologi Artificial Intelligence untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran. Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora, 4(1), 26-37. https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v4i1.4928