PENGEMBANGAN DAN PEMASARAN PRODUK MADU TRIGONA AI KLETA DESA SEKONGKANG ATAS MELALUI APLIKASI SI BOSANG DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT

  • Halikin, Universitas Cordova
  • Afif Lillah Universitas Cordova
  • Arifin saputra Universitas Cordova
  • Winda sapita Universitas Cordova
  • Yulia Andita Putri Universitas Cordova
  • Maysarah Winda Aswati Universitas Cordova
  • Muhammad Hazriyansyah Universitas Cordova
  • Alung Adeles Pratam Universitas Cordova
  • Resti Andriyani Universitas Cordova
  • Susila Universitas Cordova
  • M. Adriyan Universitas Cordova
  • Nana Malaudia Universitas Cordova
  • Sri Devi Febriana Universitas Cordova
  • Wandi Juhari Universitas Cordova
  • Ramdanil Universitas Cordova
  • Nurul Aini Universitas Cordova
  • Muhammad Adnan Universitas Cordova
Keywords: Madu Trigona

Abstract

Desa Sekongkang Atas memiliki kekayaan potensi alam dan keanekaragaman hayati, termasuk lebah Trigona yang melimpah. Pengembangan produk madu Trigona ai Creta di desa ini tidak hanya akan memberikan sumber pendapatan tambahan bagi masyarakat setempat, tetapi juga membantu melindungi lingkungan dan keanekaragaman hayati. Di era globalisasi dan perkembangan teknologi yang semakin pesat, sektor pertanian dan industri pangan memegang peranan penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satu bahan baku yang sangat potensial untuk dikembangkan adalah madu Trigona ai Kleta yang diproduksi di Desa Sekongkang Atas. Madu Trigona ai Kleta adalah jenis madu yang dihasilkan oleh lebah Trigona atau disebut juga dengan lebah kranseng atau lebah karet. Keunikan dan keistimewaan madu ini tidak hanya terletak pada rasa dan manfaat kesehatannya, tetapi juga pada proses pembuatannya yang melibatkan lebah madu Trigona, lebah asli Indonesia.

References

Aprilya, T. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Nadyasfashop Melalui Instagram Dalam Meningkatkan Kepercayaan Customer Di Samarinda. EJournal Ilmu Komunikasi, 5(1).

Arief, N. N., & Pangestu, A. B. (2021). Perception and Sentiment Analysis on Empathic Brand Initiative During the COVID-19 Pandemic: Indonesia Perspective. Journal of Creative Communications, 10, 1–17. https://doi.org/10.1177/09732586211031164

Firmansyah. (2020). Komunikasi Pemasaran. CV. Penerbit Qiara Media.

Ie, M., & Fransiska, A. (2021). PENGEMBANGAN USAHA MADU TRIGONA DI BELITUNG. PROSIDING SERINA. https://journal.untar.ac.id/index.php/PSERINA/article/view/17682

Junaidah, J., Saputra, R., & Fanisyah, E. (2022). Pemanfaatan Marketplace Shopee Untuk Menunjang Pemasaran Produk Madu Trigona di Desa Gisting Atas. Communautaire: Journal of …. https://serambi.org/index.php/communautaire/article/download/16/15

Winahyu, N., Amirudin, F., & Azizah, I. N. (2021). Analisis Pemasaran Lebah Madu Klanceng (Trigona sp.) di Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Agribest. https://pdfs.semanticscholar.org/621d/189fad127b3242fae7f804c229bd83a7657f.pdf

Winahyu, N. F. A. and I. N. A. (2021). Analisis Pemasaran Lebah Madu Klanceng (Trigona sp.) di Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung pada Masa Pandemi Covid-19. Agribest, 25–33.

Zainal, F. N. P. (2021, December). Government Management in Village-Owned Enterprises in Increasing Village Original Income in Kampar District. In ICLSSE 2021: Proceedings of the 3rd International

Zainal, Z. (2018). Intergovernmental Relations Dalam Pemberian Konsesi Hutan Tanaman Industri Di Provinsi Riau. Jurnal Tapis: Jurnal Teropong Aspirasi Politik Islam, 14(2), 92-114.

Zainal, Z. (2016). Dinamika Kebijakan Pemerintahan Desa Di Indonesia Dari Masa Ke Masa (Studi Tahun 1979-2015). Jurnal Tapis: Jurnal Teropong Aspirasi Politik Islam, 12(1), 19-36.

Zainal, M., Suwaro, U., Mariana, D., & Redjo, S. I. (2017, November). Governance of Forest and Peatland Fire Prevention in Riau Province. In International Conference on Democracy, Accountability and Governance (ICODAG 2017) (pp. 122-125). Atlantis Press.

Zainal, M., Suwaro, U., Mariana, D., & Redjo, S. I. (2017, November). Governance of Forest and Peatland Fire Prevention in Riau Province. In International Conference on Democracy, Accountability and Governance (ICODAG 2017) (pp. 122-125). Atlantis Press.

Published
2023-08-30
How to Cite
Halikin, Afif Lillah, Arifin saputra, Winda sapita, Yulia Andita Putri, Maysarah Winda Aswati, Muhammad Hazriyansyah, Alung Adeles Pratam, Resti Andriyani, Susila, M. Adriyan, Nana Malaudia, Sri Devi Febriana, Wandi Juhari, Ramdanil, Nurul Aini, & Muhammad Adnan. (2023). PENGEMBANGAN DAN PEMASARAN PRODUK MADU TRIGONA AI KLETA DESA SEKONGKANG ATAS MELALUI APLIKASI SI BOSANG DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT . Jurnal Wicara Desa, 1(4), 482-487. https://doi.org/10.29303/wicara.v1i4.3510