Aanalisis Kemampuan Melaksanakan Pembelajaran Tematik Guru Sekolah Dasar Negeri Gugus 1 Kediri, Lombok Barat

Isi Artikel Utama

Kurnia Ariani Dahlia
I Nyoman Karma
Itsna Oktaviyanti

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan sejauhmana kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik di Sekolah Dasar Negeri Gugus 1 Kediri Lombok Barat. Pembelajaran tematik menjadi tantangan tersendiri bagi guru dalam pelaksanaan pembelaran di kelas karena keterbatasan fasiltias dan waktu yang dimiliki oleh sekolah khususnya pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non probability jenis purposive sampling yaitutidak semua guru dijadikan sebagai sampel, namun berdasarkan kriteria tertentu sehingga didapatkan sebanyak 6 orang guru kelas II Sekolah Dasar Negeri Gugus 1 Kediri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) prinsip pengggalian perencanaan pembelajaran tematik pada kelas II Sekolah Dasar Negeri Gugus 1 Kediri belum sepenuhnya dilaksanakan dengan baik, 2) beberapa guru belum mampu menerapkan pembelajaran tematik dengan baik karena terkendala oleh kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari rumah, 3) evaluasi pembelajaran sudah dilakukan sesuai dengan perangkat pembelajaran yang disusun, 4) prinsip rekasi juga tidak bisa dilakukan karena proses pembelajaran secara online sehingga terdapat keterbatasan interaksi yang dilakukan. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran tematik di Sekolah Dasar Negeri Gugus 1 Kediri masih belum terlaksana dengan baik.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Dahlia, K. A., Karma, I. N., & Oktaviyanti, I. (2021). Aanalisis Kemampuan Melaksanakan Pembelajaran Tematik Guru Sekolah Dasar Negeri Gugus 1 Kediri, Lombok Barat . Religion, Culture, and State Journal, 1(1), 163–185. Diambil dari https://journal.unram.ac.id/index.php/rcs/article/view/379
Bagian
Articles

Referensi

Akbar, S. (2012). Panduan Praktik: Implementasi dan Pengembangan Model-ModelPembelajaran Aktif Rumpun Sosial. Malang: Diktat tidak diterbitkan Direktorat JenderalPendidikan Tinggi Bagian Proyek Pengembangan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary School Teacher Development Project).

Anshory, Ichsan dkk. (2018). Pembelajaran Tematik Integratif Pada Kurikulum 2013 Di Kelas Rendah SD Muhammadiyah 07 Wajak. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), Volume 4, Nomor 1, hal. 35-46.

Kemendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indomesia Nomor 81 A tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum.

Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22.Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah

Kemendikbud. (2019). Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

Kurniawati, E. V. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 di Kelas IV B Sekolah Dasar Negeri 4 Wates Kabupaten Kulon Progo. Skripsi di UniversitasNegeri Yogyakarta.

Majid, A. (2009). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Margono, S. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Martono, N. (2016). Metode Penelitian Sosial “Konsep-konsep Kunci. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ramayulis. (2013). Profesi dan Etika Keguruan. Jakarta: Kalam Mulia.

Setiawan, R. A, & Nopembri, S. (2013). Penggunaan Kemampuan Mengajar “Mosston†oleh Guru Pendidikan Jasmani di SMA se-Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Jasmani Insonesia. Vol 9: halaman 7-14.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tirtarahardja, U. dan Sulo L. S.L. (2012. Pengantar Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Trianto. (2011). Mengembangkan Model PembelajaranTematik..Jakarta: PT PrestasiPustakarya

Usman, Nurdin. (2002). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Utami,Budi dkk. (2016). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Yang Disusun Guru SD. Prosiding Seminar NasionalPendidikanSains (SNPS)

Presiden RI. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen.

Yunas, Tsabit Bisma dan Rachmawati. (2018). “Kemampuan Mengajar Guru dan Motivasi Belajar Fisika Pada Siswa di Yogyakartaâ€. Psychopolytan (Jurnal Psikologi). Vol. 1(2).