MODEL PEMBELAJARAN STAD DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV DI SD NAMIRA PROBOLINGGO

  • Khofifah Dewi Hanafi Universitas Panca Marga
  • Didit Yulian Kasdriyanto Universitas Panca Marga
  • Ryzca Siti Qomariah Universitas Panca Marga
Kata Kunci: Implementasi, Model STAD, Peningkatan Pembelajaran, IPS

Abstrak

Penelitian ini mengkaji kurangnya kolaborasi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran, serta keengganan mereka untuk berbagi ide. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Model Pembelajaran STAD pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Namira Kraksaan Probolinggo, dengan fokus pada penerapan model, pembelajaran IPAS dengan model STAD, dan faktor pendukung dan penghambat. Temuan menunjukkan bahwa Model STAD dilaksanakan melalui: informasi materi, pembentukan kelompok, tes kelompok dan individu, evaluasi, dan pemberian penghargaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model STAD telah digunakan sebelum penerapan Kurikulum Mandiri. Faktor pendukung dan penghambat utama adalah pemahaman guru terhadap model, pengelolaan kelas, sarana prasarana, antusiasme siswa, dan pemahaman STAD. Penerapan model ini telah meningkatkan kerjasama, semangat belajar, dan kepercayaan diri siswa dalam mengemukakan pendapat
Diterbitkan
2024-01-30
Bagian
Articles