PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL ANIMATION BERBASIS CANVA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI TATA SURYA KELAS VI DI SDN MANGUNHARJO 1 KOTA PROBOLINGGO

  • Karima Aliyahtus Ibtihal Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Panca Marga Probolinggo
  • Ribut Prastiwi Sriwijiyanti Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Panca Marga Probolinggo
  • Faridahtul Jannah Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Panca Marga Probolinggo
Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Digital Animation, Canva, SDN Mangunharjo 1 Kota Probolinggo

Abstrak

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA yang kurang memuaskan, dikarenakan peserta didik tidak dapat maksimal dalam proses belajar. Kurangnya referensi dalam pembelajaran, kurangnya alat atau media dalam pembelajaran, serta terdapat faktor peserta didik cenderung lebih memahami pembelajaran menggunakan audio visual menjadi faktor utama. Diharapkan dengan adanya media pembelajaran digital animation berbasis canva diharapkan dapat membantu guru dan siswa dalam memahami materi sistem tata surya. Metode penelitian yang digunakan yaitu model pengembangan Borg & Gall dengan modifikasi beberapa aspek menurut Utomo, Muslimin, dan Darsikin, yang meliputi tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan produk, tahap validasi produk, tahap uji coba lapangan dan revisi produk akhir. Berdasarkan hasil penelitian, Pengembangan Media Pembelajaran Animation Digital Berbasis Canva pada Mata Pelajaran IPA Materi Tata Surya Kelas VI di nyatakan valid dan praktis dengan hasil validasi ahli media memiliki nilai sebesar 46 dengan persentase sebesar 92%. Hasil validasi ahli materi diperoleh skor keseluruhan sebesar 43 dengan persentase sebesar 86%. Hasil praktisi pembelajaran dengan perolehan skor total sebesar 48 dengan persentase sebesar 96%. Dan penilaian media pembelajaran IPA dengan digital animation berbasis canva, di peroleh hasil skor keseluruhan sebesarĀ  1206 dengan persentase sebesar 86,14%. Berdasarkan hal tersebut media pembelajaran yang dikembangkan valid dan praktik untuk digunakan pada pembelajaran.
Diterbitkan
2024-01-30
Bagian
Articles