PENDAMPINGAN REBRANDING DAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN PRODUK VIRGIN COCONUT OIL (VCO) PADA UMKM BERIUK MAJU DUSUN MENTIGI, DESA MALAKA

  • Nurman Khaerullah Program Studi Peternakan, Universitas Mataram
  • Arin Rizki Putri Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Mataram
  • Mochamad Boyke Putra Polanunu Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Mataram
  • Citra Aulia Rizki Program Studi Farmasi Universitas Mataram
  • Andi Tri Lestari Program Studi Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Mataram
Kata Kunci: desa malaka, digital marketing, rebranding

Abstrak

UMKM Beriuk Maju merupakan salah satu UMKM yang terdapat di Dusun Mentigi, Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. UMKM ini dikelola oleh perempuan dan penyandang disabilitas. Produksi dan pemasaran UMKM Beriuk Maju saat ini belum cukup berkembang dan menghasilkan penjualan yang signifikan dikarenakan banyaknya tantangan serta kurangnya pengetahuan mengenai strategi pemasaran. Sehingga perlu dilakukan pendampingan rebranding dan digital marketing agar produk Virgin Coconut Oil (VCO) ini dapat menarik konsumen dan menjangkau pasar yang lebih luas. Pendampingan ini dilakukan selama satu bulan oleh Mahasiswa KKN-PMD UNRAM. Metode pendampingan ini dimulai dengan survei dan observasi UMKM, rebranding kemasan produk UMKM, dan promosi penjualan melalui media sosial (digital marketing). Pendampingan ini menghasilkan desain produk untuk kemasan serta media sosial instagram untuk promosi. Dari pendampingan ini disimpulkan bahwa rebranding produk sangat penting untuk menghasilkan produk yang menarik minat pembeli serta promosi yang dilakukan melalui media sosial dapat menjangkau pasar yang lebih luas sehingga meningkatkan penjualan.
Diterbitkan
2024-01-31
Bagian
Articles