PENDAMPINGAN PEMANFAATAN MULTIMEDIA WORDWALL BERBASIS LINGKUNGAN PADA GURU-GURU SD

Authors

Evi Yuliza , Putra Bahtera Jaya Bangun , Robinson Sitepu , Elisa Nurnawati , Fitri Maya Puspita , Sisca Octarina , Indrawati

DOI:

10.29303/pepadu.v4i4.3587

Published:

2023-10-30

Issue:

Vol. 4 No. 4 (2023): Jurnal Pepadu

Keywords:

wordwall, pembelajaran, multimedia, quiz, lingkungan

Articles

Downloads

How to Cite

Evi Yuliza, Putra Bahtera Jaya Bangun, Robinson Sitepu, Elisa Nurnawati, Fitri Maya Puspita, Sisca Octarina, & Indrawati. (2023). PENDAMPINGAN PEMANFAATAN MULTIMEDIA WORDWALL BERBASIS LINGKUNGAN PADA GURU-GURU SD. Jurnal Pepadu, 4(4), 470–476. https://doi.org/10.29303/pepadu.v4i4.3587

Abstract

Wordwall merupakan media pembelajaran multimedia berbasis web yang dapat diakses secara gratis. Aplikasi ini adalah media yang sederhana, menarik dan mudah digunakan dan dapat memberikan latihan yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik dalam penyampaian evaluasi materi. Tingkat keterampilan para guru terhadap metode pembelajaran daring dalam pemberian latihan soal dan evaluasi pembelajaran di SD Negeri 15 Kecamatan Pemulutan Ulu Kabupaten Ogan Ilir dirasakan masih kurang dalam pemanfaatan media pembelajaran multimedia. Perlu ditingkatkan keterampilan guru-guru untuk memperoleh kualitas pendidikan yang maksimal dengan memberikan pendampingan pemanfaatan aplikasi wordwall pada guru-guru SD. Melalui pendampingan ini diharapkan guru dapat memberikan metode pembelajaran yang lebih bervariasi dengan memanfaatkan segala sesuatu yang mudah didapat dari lingkungan sekitar. Metode yang diterapkan dalam kegiatan pendampingan ini adalah melalui ceramah (lecture), latihan (tutorial) dan evaluasi. Berdasarkan hasil pembahasan diperoleh bahwa tanggapan guru-guru terhadap pemanfaatan wordwall berbasis lingkungan sudah sangat baik. Rerata skor dan persentase skor dari peserta menunjukkan bahwa media pembelajaran wordwall berbasis lingkungan dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis dan motivasi belajar siswa. Wordwall dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran sekolah dasar khususnya mata pelajaran matematika, dapat meningkatkan kreatifitas guru dan sebagai media pembelajaran inovatif. Melalui pembelajaran berbasis lingkungan dapat meningkatkan pengetahuan dan pengalaman belajar siswa. Hal ini sangat relevan dengan implementasi merdeka belajar pada pembelajaran abad-21 yang membekali peserta didik dalam menjawab tantangan zaman.

Author Biographies

Evi Yuliza, Jurusan Matematika, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sriwijaya

Putra Bahtera Jaya Bangun, Jurusan Matematika, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sriwijaya

Robinson Sitepu, Jurusan Matematika, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sriwijaya

Elisa Nurnawati, Jurusan Matematika, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sriwijaya

Fitri Maya Puspita, Jurusan Matematika, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sriwijaya

Sisca Octarina, Jurusan Matematika, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sriwijaya

Indrawati , Jurusan Matematika, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sriwijaya

Most read articles by the same author(s)