PELATIHAN SOFTWARE AUTOCAD UNTUK DESAIN INSTALASI LISTRIK PADA SISWA SMK

Authors

Jurnal Pepadu , Ni Made Seniari , Supriyatna Supriyatna , A. Natsir , I. A. S. Adnyani , S. Nababan , Bagus Widhi Dharma S.

DOI:

10.29303/pepadu.v3i2.2478

Published:

2023-04-24

Issue:

Vol. 3 No. 2 (2022): Jurnal PEPADU

Keywords:

Design bangunan, desain instalasi listrik, autocard

Articles

Downloads

How to Cite

Pepadu, J. ., Seniari, N. M., Supriyatna, S., Natsir, A., Adnyani, I. A. S., Nababan, S. ., & S., B. W. D. (2023). PELATIHAN SOFTWARE AUTOCAD UNTUK DESAIN INSTALASI LISTRIK PADA SISWA SMK. Jurnal Pepadu, 3(2), 321–327. https://doi.org/10.29303/pepadu.v3i2.2478

Abstract

Desain istalasi listrik pada suatu bangunan umumnya merupakan satu paket dengan desain bangunan tersebut. Siswa Sekolah Menengah Kejuruan yang dipersiapkan untuk terjun pada dunia kerja sangat perlu memiliki keterampilan sesuai kebutuhan dunia kerja dan sesuai kemajuan teknologi. Untuk itu diberi pelatihan software AutoCad kepada siswa Sekolah Menengah Kejuruan Islam Raudlatul Husna. Sekolah ini terletak di Desa Mertak Tombok, Praya, Lombok Tengah. Berdiri tahun 2020 dan memiliki satu jurusan, yaitu Desain Komunikasi Visual, Software Autocad dapat digunakan untuk desain bangunan beserta desanin electrical mecanikal bangunan tersebut./ Pelatihan diawali dengan memperkenalkan penggunaan dan pengoperasian software Autocad, dilanjutkan dengan desain denah bangunan sederhana. Siswa juga diperkenalkan dengan konsep-konsep rangkaian instalasi listrik. Desain instalasi listrik diaplikasikan pada desain bangunan tersebut menggunakan software AutoCad. Pelaksanaan pelatihan selain ada tutor, masing-masing kelompok didampingi oleh team PKM. Dari 7 kelompok peserta, 4 kelompok bisa mengikuti dan memperaktekkan dengan lancar desain rumah sederhana beserta instalasi listrik. Penguasaan peserta sampai desain rumah sederhana dapat dilakukan oleh 3 kelompok. Secara kuantitatif pelatihan ini dapat meningkatkan wawasan, pengetahuan dan keterampilan siswa sebesar 77,15 %. Ditinjau secara berkelompok, 71,4 % siswa dapat mengoperasikan software AutoCad sampai module 2, dan 42,85 % siswa  mampu sampai module 3. Kegiatan pelatihan ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan siswa, yang perlu ditindak lanjuti dengan berlatih secara terus menerus.

Author Biographies

Ni Made Seniari, Jurusan Teknik Elektro, Universitas Mataram

Supriyatna Supriyatna, Jurusan Teknik Elektro, Universitas Mataram

A. Natsir, Jurusan Teknik Elektro, Universitas Mataram

I. A. S. Adnyani, Jurusan Teknik Elektro, Universitas Mataram

S. Nababan, Jurusan Teknik Elektro, Universitas Mataram

Bagus Widhi Dharma S., Jurusan Teknik Sipil, Universitas Qamarul Huda Baharuddin Bagu

Most read articles by the same author(s)

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >>