Pertukaran Pelajar Unram-UPM : Inovasi Pembelajaran Mbkm Dalam Menumbuhkan Ketangguhan Lulusan Sarjana Kehutanan
DOI:
https://doi.org/10.29303/pepadu.v2i1.2159Keywords:
UPM, Unram, Pertukaran Pelajar, Student Mobility, Kem PerhutananAbstract
ABSTRAK
Perubahan yang cepat dalam dunia Pendidikan tinggi menuntut Perguruan tinggi untuk dapat merubah
cara bepikir (mindset), sikap dan dan tingkah (attitude and behaviour) dan cara baru dalam mengerjakan
sesuatu (way of doing things) civitas akademikanya, sehingga dapat menghasilkan lulusan yang adaptif
dan tangguh menghadapi perubahan dan ketidakpastian. Hasil tracer study Prodi Kehutanan dari 2013
hingga 2020 menunjukkan kecenderungan kemampuan komunikasi, berbahasa asing dan kemampuan
teknologi belum meningkat. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah melalui kegiatan pertukaran
pelajar antara Prodi Kehutanan Univerd dengan Fakulti Perhutanan UPM sebagai mitra. Pertukaran
pelajar merupakan satu bentuk pembelajaran yang sejalan dengan Kebijakan Pemerintah terkait Standar
Nasional Pendidikan Tinggi dan Kebijakan Merdeka Belajar – Kampu Merdeka (MBKM). Tujuan dari
kegiatan pertukaran pelajar ini adalah untuk memberikan pengalaman belajar di luar institusi dengan
menjunjung tinggi kesetaraan dalam pembelajaran. Metode pembelajaran yang digunakan sangat
beragam, mulai dari diskusi kelompok, simulasi, pembelajaran kooperatif hingga pembelajaran berbasis
masalah. Bentuk-bentuk pertukaran pelajar yang telah dilaksanakan dalam kurun waktu 2015-2019
adalah pertukaran pelajar yang diperkaya dengan seminar, pengabdian kepada masyarakat, praktik
lapang, kuliah dan seminar dalam bentuk Kem Perhutanan dan Student Mobility. Hasil menunjukkan
bahwa mahasiswa Universitas Mataram dapat bersaing dan berhasil meraih nilai tertinggi dalam setiap
kegiatan Kem Perhutanan.