PENDIDIKAN KONSERVASI SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN KEPERDULIAN LINGKUNGAN SISWA MENEGAH ATAS DI KOTA MATARAM

Authors

Jurnal Pepadu , Immy Suci Rohyani , Ahmad Jupri , Hilman Ahyadi , Hilman Ahyadi

DOI:

10.29303/pepadu.v3i1.2312

Published:

2022-01-30

Issue:

Vol. 3 No. 1 (2022): Jurnal PEPADU

Keywords:

pendidikan konservasi, siswa menengah atas

Articles

Downloads

How to Cite

Pepadu, J. ., Rohyani, I. S. ., Jupri, A., Ahyadi, H., & Ahyadi, H. (2022). PENDIDIKAN KONSERVASI SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN KEPERDULIAN LINGKUNGAN SISWA MENEGAH ATAS DI KOTA MATARAM. Jurnal Pepadu, 3(1), 133–138. https://doi.org/10.29303/pepadu.v3i1.2312

Abstract

Masalah lingkungan hidup disebabkan karena kesalahan dalam pemahaman atau cara pandang manusia terhadap alam sehingga melahirkan sikap dan perilaku yang eksploitatif terhadap alam tanpa memperhitungkan akibat kerusakan. Perlu adanya upaya untuk membangun spirit keperdulian terhadap lingkungan sekitar. Salah satunya melalui pendidikan konservasi. Pendidikan konservasi merupakan bentuk usaha menjaga dan melindungi keanekaragaman hayati yang ada serta memperkenalkan alam kepada masyarakat. Pendidikan konservasi merupakan program jangka panjang, karena program ini setiap waktu terus berkembang, seiring dengan perubahan dan perkembangan jaman. Kegiatan ini bertujuan Memperkenalkan kepada siswa menengah atas terhadap permasalahan lingkungan yang terjadi. Meningkatkan ketertarikan siswa terhadap pembelajaran Lingkungan melalui konsep pendidikan konservasi dan meningkatkan minat siswa menengah atas untuk melanjutkan pendidikan ke Program Studi Ilmu Lingkungan. Manfaat dari kegiatan ini diharapkan siswa menengah atas semakin tertarik belajar lingkungan melalui pendekatan pendidikan konservasi serta menumbuhkan kesadaran siswa terhadap permasalahan lingkungan yang terjadi dan pada akhirnya semakin banyak siswa yang tertarik untuk melanjutkan ke Program Studi Ilmu Lingkungan. Metode yang digunakan untuk kegiatan pendidikan konservasi yaitu observasi, eksplorasi dan Focus Group Discuss (FGD). Hasil dari kegiatan ini adalah meningkatnya keperdulian peserta terhadap permasalahan lingkungan yang ada, ini ditunjukan dari meningkatnya rasa ingin tau dan keaktifan peserta  dalam proses diskusi. Adanya perubahan prilaku peserta yang ditunjukan dengan inisiatif peserta selama kegiatan untuk melakukan program bersih pantai dan mengelola sampah yang mereka miliki. Akhir dari kegiatan ini adanya komitment dari peserta untuk terus menjaga lingkungan dan menjadi kader pengerak lingkungan disekolah mereka masing-masing.

Author Biographies

Immy Suci Rohyani, Program Sudi Ilmu Lingkungan, FMIPA Universitas Mataram

Ahmad Jupri, Program Sudi Ilmu Lingkungan, FMIPA Universitas Mataram

Hilman Ahyadi, Program Sudi Ilmu Lingkungan, FMIPA Universitas Mataram

Hilman Ahyadi, Program Sudi Ilmu Lingkungan, FMIPA Universitas Mataram

Most read articles by the same author(s)

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >>