PENYULUHAN PEMANFAATAN VIDEO ANIMASI UNTUK PEMBELAJARAN SELAMA PANDEMI COVID-2019 DI SMPN 3 MATARAM

Authors

Jurnal Pepadu , I Putu Artayasa , Muhlis Muhlis , Gito Hadiprayitno , Aa Sukarso

DOI:

10.29303/pepadu.v3i1.2305

Published:

2022-01-30

Issue:

Vol. 3 No. 1 (2022): Jurnal PEPADU

Keywords:

Media pembelajaran, Penyuluhan pembuatan video animasi, video pembelajaran

Articles

Downloads

How to Cite

Pepadu, J. ., Artayasa, I. P., Muhlis, M., Hadiprayitno, G. ., & Sukarso, A. (2022). PENYULUHAN PEMANFAATAN VIDEO ANIMASI UNTUK PEMBELAJARAN SELAMA PANDEMI COVID-2019 DI SMPN 3 MATARAM. Jurnal Pepadu, 3(1), 82–90. https://doi.org/10.29303/pepadu.v3i1.2305

Abstract

Adanya pandemi Covid-2019 menyebabkan adaptasi baru dalam pendidikan dengan menerapkan Belajar Dari Rumah (BDR) secara daring. Pembelajaran Tatap Muka (PTM) diterapkan pada pertengahan tahun 2021 untuk melengkapi BDR. Pelaksanaan BDR di SMPN 3 Mataram utamanya dilakukan dengan menugaskan siswa membaca buku ajar dan mengerjakan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD). Permasalahannya, pelaksanaan BDR yang didominasi pemberian tugas menyebabkan partisipasi siswa dalam pembelajaran sangat minim, banyak siswa mengalami kebosanan dan memiliki motivasi kecil mengerjakan tugas. Dengan demikian perlu diupayakan strategi untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran dengan memvariasikan cara penyampaian materi pelajaran yang tidak hanya berupa tulisan tetapi juga dilengkapi video animasi yang menarik minat belajar siswa. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan penyuluhan tentang manfaat dan teknik pembuatan video animasi pembelajaran kepada guru-guru di SMPN 3 Mataram. Metode  pelaksanaan pengabdian masyarakat adalah tim pengabdian memberikan penyuluhan tentang manfaat dan teknik pembuatan video animasi. Evaluasi kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan melalui pemberian angket dan pengamatan terhadap respons guru ketika kegiatan penyuluhan dilakukan. Hasil pengabdian menunjukan bahwa peserta penyuluhan memberikan respons yang positif terhadap manfaat penerapan video animasi dalam pembelajaran dan peserta terlibat aktif dalam praktek pembuatan video animasi. Hasil angket menunjukkan bahwa sebelumnya peserta tidak memberikan perhatian besar tentang manfaat video animasi serta belum memahami banyak tentang pembuatan video animasi. Setelah pengabdian, peserta merasakan cukup mudah membuat video animasi serta termotivasi memanfaatkannya dalam pembelajaran. Kesimpulan adalah kegiatan pengabdian ini memberikan dampak yang berarti terhadap peningkatan motivasi guru memanfaatkan video animasi untuk pembelajaran serta peningkatan pengetahuan dan keterampilannya dalam pembuatan video animasi pembelajaran.

Author Biographies

I Putu Artayasa, Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram

Muhlis Muhlis, Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram

Gito Hadiprayitno, Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram

Aa Sukarso, Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram

Most read articles by the same author(s)

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >>