PERAGAAN METODE SUPERPOSISI DALAM ANALISIS RANGKAIAN LISTRIK UNTUK SISWA SMAN 5 MATARAM

Authors

Jurnal Pepadu , Ni Made Seniari , Supriyatna Supriyatna , Abdul Natsir , Ida Ayu Sri Adnyani , Sabar Nababan

DOI:

10.29303/pepadu.v4i2.2281

Published:

2023-02-09

Issue:

Vol. 4 No. 2 (2023): Jurnal Pepadu

Keywords:

peragaan metode superposisi, analisis rangkaian listrik

Articles

Downloads

How to Cite

Pepadu, J. ., Seniari, N. M., Supriyatna, S., Natsir, A., Adnyani, I. A. S., & Nababan, S. (2023). PERAGAAN METODE SUPERPOSISI DALAM ANALISIS RANGKAIAN LISTRIK UNTUK SISWA SMAN 5 MATARAM. Jurnal Pepadu, 4(2), 199–206. https://doi.org/10.29303/pepadu.v4i2.2281

Abstract

Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Mataram terletak di jalan Udayana No. 2A, Kecamatan Selaparang, Mataram.Sekolah ini berdiri sejak tahun 1992 dan menjadi salah satu sekolah berprestasi di NTB. Prestasi ini terbukti dari banyaknya alumni yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri ternama di Indonesia. Alumni di terima di Perguruan tinggi negeri melalui jalur seleksi nasional dan seleksi bersama masuk perguruan tingi negeri. Jalur  seleksi nasional yang dinilai adalah raport siswa pada lima mata pelajaran. Untuk jalur seleksi bersama masuk perguruan tinggi nasional adalah nilai hasil test. Untuk mempertahankan dan meningkatkan prestasi sekolah perlu partisipasi dan peran aktif dari masyarakat umum, pemerintah dan lembaga terkait. Universitas Mataram sebagai lembaga pendidikan di Mataram ikut berperan aktif meningkatkan prestasi sekolah dengan sharing pengetahuan dengan menggunakan module peraga.  Sharing pengetahuan mengangkat materi analisa rangkaian listrik, menggunakan metode superposisi,yang tercakup dalam mata pelajaran Fisika. Module peraga  dapat mempercepat dan pemerataan  pemahaman siswa  terhadap kasus rangkaian listrik. Selanjutnya siswa berlatihan dengan mengambil kasus  rangkaian listrik yang terdiri dari dua buah sumber arus, dua buah sumber tegangan dengan posisi sumber bervariasi. Soal-soal latihan dikerjakan secara berkelompok dengan teman sebangkunya.  Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa sangat aktif dalam berlatih soal-soal  dengan kasus yang bervariasi. Mereka semakin paham dengan elemen-elemen yang terrangkaian secara seri maupun secara pararel. Dari 32 siswa yang mengikuti kegiatan, sebagian besar bisa menganalisa kasus dengan lancar. Simulasi rangkaian dapat dikerjakan dengan baik. Indikator secara kuantitatif kemajuan siswa setelah pelaksanaan kegiatan meningkat 84,37 %, diambil dari hasil kuisioner sebelum dan setelah kegiatan.

Author Biographies

Ni Made Seniari, Jurusan Teknik Elektro, Universitas Mataram

Supriyatna Supriyatna, Jurusan Teknik Elektro, Universitas Mataram

Abdul Natsir, Jurusan Teknik Elektro, Universitas Mataram

Ida Ayu Sri Adnyani, Jurusan Teknik Elektro, Universitas Mataram

Sabar Nababan, Jurusan Teknik Elektro, Universitas Mataram

Most read articles by the same author(s)

<< < 10 11 12 13 14 15