PENINGKATAN PROFESIONALISME PENGELOLAAN HOMESTAY DI DESA WISATA TETE BATU

Authors

Jurnal Pepadu , Siti Nurmayanti , Dwi Putra Buana Sakti , Siti Aisyah Hidayati , Laela Wardani

DOI:

10.29303/pepadu.v2i3.2214

Published:

2021-11-29

Issue:

Vol. 2 No. 3 (2021): Jurnal PEPADU

Keywords:

Homestay, Pengelolaan, Profesionalime

Articles

Downloads

How to Cite

Pepadu, J. ., Nurmayanti, S. ., Sakti, D. P. B. ., Hidayati, S. A. ., & Wardani, L. . (2021). PENINGKATAN PROFESIONALISME PENGELOLAAN HOMESTAY DI DESA WISATA TETE BATU . Jurnal Pepadu, 2(3), 277–282. https://doi.org/10.29303/pepadu.v2i3.2214

Abstract

ABSTRAK   Desa Tete Batu merupakan salah satu tujuan wisata yang berlokasi di Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur. Desa ini memiliki potensi pengembangan wisata yang baik dengan adanya berbagai obyek dan atraksi wisata. Salah satu yang berkembang adalah Desa Wisata Kampung Homestay Tete Batu-Lombok. Desa wisata kampung homestay, dikemas menjadi sebuah kawasan yang  unik.  Hal unik yang ditemukan wisatawan di kampung homestay ini adalah kamar  yang ditempati merupakan bagian dari rumah penduduk setempat, sehingga wisatawan bisa berinteraksi dengan pemilik rumah dan warga masyarakat setempat secara langsung. Hal ini menjadi daya tarik bagi tamu yang ingin mendalami bagaimana keseharian masyarakat desa menjalani hidupnya. Seiring dengan berkembangnya kampung homestay, masih ditemukannya permasalahan mendasar yang umum dijumpai pada pengelolaan kampung homestay di Desa Tete Batu terkait dengan lemahnya manajemen homestay. Berdasarkan hal tersebut maka dipandang perlu untuk membekali pengelola homestay mengenai pemahaman yang baik tentang manajemen homestay agar bisa meningkatkan profesionalisme mereka. Tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah memberikan pemahaman yang baik mengenai pengelolaan homestay melalui penyuluhan terkait (i) manajemen pengelolaan homestay; (ii) manajemen keuangan; dan (iii) manajemen pelayanan homestay kepada para pengelola homestay di Desa Tete Batu. Metode yang diterapkan dalam kegiatan ini adalah penyuluhan disertai dengan diskusi dan tanya jawab. Output dari kegiatan pengabdian masyarakat ini pengelola homestay di desa Tete Batu mendapatkan tambahan pemahaman untuk meningkatkan profesionalisme mereka dalam mengelola homestay.

Author Biographies

Siti Nurmayanti, Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universias Mataram

Dwi Putra Buana Sakti, Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universias Mataram

Siti Aisyah Hidayati, Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universias Mataram

Laela Wardani, Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universias Mataram

Most read articles by the same author(s)

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >>