Pelatihan Penyusunan Perencanaan Pembangunan Bidang Pariwisata Dengan Pendekatan Analisis SWOT di Desa Sesaot Kabupaten Lombok Barat

Authors

Jurnal Pepadu , Lukman Hakim , Suprianto Suprianto , Ihsan Ro’is

DOI:

10.29303/pepadu.v2i2.2187

Published:

2021-04-29

Issue:

Vol. 2 No. 2 (2021): Jurnal PEPADU

Keywords:

Perencanaan pembangunan pariwisata desa, RPJMdes, RKPdes, Analisa SWOT

Articles

Downloads

How to Cite

Pepadu, J. ., Hakim, L. ., Suprianto, S., & Ro’is, I. . (2021). Pelatihan Penyusunan Perencanaan Pembangunan Bidang Pariwisata Dengan Pendekatan Analisis SWOT di Desa Sesaot Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Pepadu, 2(2), 203–209. https://doi.org/10.29303/pepadu.v2i2.2187

Abstract

ABSTRAKKegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat berupa pelatihan penyusunan perencanaan pembangunan diDesa Sesaot didasarkan pada temuan tugas lapangan oleh mahasiswa yang melakukan survei di desatersebut. Para perencana desa mengalami kesulitan dalam menyusun perencanaan pembangunan. Obyekpelatihan menyusun perencanaan mengambil setting pariwisata karena Desa Sesaot memiliki beragamobyek wisata yang sudah dikenal luas. Pendekatan yang digunakan adalah Analisa SWOT. Tujuanpelatihan adalah dihasilkannya dokumen untuk dijadikan pedoman dalam penyusunan perencanaanprogram pembangunan desa. Sasarannya adalah Tim Penyusun RKPdes, dan beberapa Kepala Dusunperwakian. Pelatihan diselenggarakan pada 15-16 Agustus 2020. Lokasi pelaksanaan di Aula KantorDesa. Metode pelatihan yang digunakan adalah ceramah, diskusi dan tanya-jawab, dan mengisi angketpada saat sebelum dan setelah penyamaian materi berakhir, dan simulasi penyusuan RKPdes. Kegiatanpelatihan dibagi dalam dua tahap, yaitu menyajian materi dan simulasi. Pada tahap simulasi, langkahlangkah yang dilakukan peserta dalam penyusunan perencanaan adalah : (1) Mengidentifikasi jenisobyek wisata yang ada, (2) Menentukan interval kelas, (3) Menghitung mean SWOT, (4) Mencari indeksskor SWOT, (5) Menyusun Matrix Grand Strategy, (6) Merumuskan strategi pengembangan pariwisata.Simulasi menghasilkan indeks skor SWOT, S = 2,493627; W = 0,902665; O = 2,161821; dan T =0,730721. Dengan demikian dapat diketahui koordinat titik pada Matrix Grand Strategy, yaitu S – W =1,590962, dan O – T = 1,4311: berada di kuadran pertama. Jadi strategi yang diperlukan untukpengembangan pariwisata adalah strategi ‘agresif’ (growth oriented strategy).

Author Biographies

Lukman Hakim, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mataram, Mataram, Indonesia

Suprianto Suprianto, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mataram, Mataram, Indonesia

Ihsan Ro’is, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mataram, Mataram, Indonesia

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>