PENDAMPINGAN GURU BAHASA INGGRIS MTs/MA DARUSSHALIHIN NW KALIJAGA LOMBOK TIMUR DALAM PENGEMBANGAN DIRI DENGAN POLA LESSON STUDY FOR COMMUNITY LEARNING (LSCL)

  • Untung Waluyo Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, Universitas Mataram
  • Henny Soepriyanti Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, Universitas Mataram
  • I Made Sujana Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, Universitas Mataram
  • Edy Syahrial Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, Universitas Mataram
  • Lalu Thohir Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, Universitas Mataram
Keywords: Kompetensi Pedagogis, guru bahasaa Inggris, pengembangan inovasi

Abstract

Perkembangan berbagai inovasi pendidikan saat ini menuntut guru harus terus berbenah. Guru dituntut mampu membelajarkan peserta didik untuk dapat menguasai keterampilan pembelajaran abad 21 melalui berbagai inovasi pendidikan. Permasalahan yang diidentifikasi adalah rendahnya ketrampilan guru dalam memecahkan masalah pembelajaran berbasis Lesson Study. Kegiatan Pengabdian kepada Masyrakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogis Guru Bahasa Inggris SMP/MTs/ Ponpes Darusshalihin NW Kalijaga Lombok Timur dengan menerapkan Lesson Study for Learning Community (LSLC). LSLC merupakan suatu model pembinaan profesi pendidik melalui kajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berdasar prinsip kolegialitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar. Kegiatan PKM ini dilaksanakan secara online dan offline dengan melibatkan 10 orang guru bahasa Inggris SMP dan MTs NW Kalijaga dan 2 mahasiswa PS Pendidikan Bahasa Inggris Unram. Kegiatan dibagi dalam beberapa kegiatan: (i) kegiatan webinar melalui Zoom Meeting (PLAN); (2) workshop offline untuk melakukan kegiatan Chapter Design dan Lesson Design; dan (iii) kegiatan offline untuk melakukan Open Class (DO) dan Reflection (SEE). Dari serangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh tim PKM di lapangan, peserta workshop memperoleh pengetahuan tentang cara pengembangan diri melalui LSLC. Secara berkelompok, khalayak sasaran telah menghasilkan Chapter Design dan Lesson Design, sebagai dasar untuk melakukan Open Class dan Refleksi, Secara keseluruhan kegiatan PKM ini telah mampu membekali khalayak sasaran dengan pola pengembangan diri melalui LSLC dan memberikan pengalaman praktis pelaksanaan dan tindak lanjut LSLC.
Published
2022-07-30
How to Cite
Waluyo, U., Soepriyanti, H., Sujana, I. M., Syahrial, E., & Thohir, L. (2022). PENDAMPINGAN GURU BAHASA INGGRIS MTs/MA DARUSSHALIHIN NW KALIJAGA LOMBOK TIMUR DALAM PENGEMBANGAN DIRI DENGAN POLA LESSON STUDY FOR COMMUNITY LEARNING (LSCL). Jurnal Pepadu, 3(3), 444 - 451. Retrieved from https://journal.unram.ac.id/index.php/pepadu/article/view/2013

Most read articles by the same author(s)