HUBUNGAN ANTARA PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN KECERDASAN SOSIAL SISWA KELAS V SDN GUGUS V KECAMATAN CAKRANEGARA
DOI:
https://doi.org/10.29303/pendas.v2i1.95Kata Kunci:
Questioning Skills, Students' Critical Thinking SkillsAbstrak
Pembelajaran pada abad ke-21 harus mampu mengembangkan keterampilan kompetitif yang berfokus pada pengembangan keterampilan berfikir tingkat tinggi (higher order thinking skills) yang mana salah satunya adalah berfikir kritis (critical thinking). Oleh karena itu diperlukan suatu keterampilan dasar mengajar guru dalam rangka mengembangkan mutu pembelajaran salah satunya adalah keterampilan bertanya guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara keterampilan bertanya guru dengan kemampuan berfikir kritis siswa kelas V gugus 3 Cakranegara tahun pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif korelasional. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di Gugus III Cakranegara dengan jumlah populasi 130 siswa. Sampel diambil secara acak dengan menggunakan teknik probability sampling tipe simple random sampling sehingga diperoleh 65 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni angket dan tes pilihan ganda. Sedangkan teknik analisis data adalah correlasi product moment dari Pearson dengan menggunakan program SPSS 16.0. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa nilai sig (2-tailed) 0,00 < 0,05 yang artinya dapat dikatakan signifikan dan ada hubungan antara keterampilan bertanya guru dengan kemampuan berfikir kritis siswa. Berdasarkan penelitian tersebut kepala sekolah dan guru perlu mendukung dan mengembangkan kemampuan berfikir kritis siswa melalui keterampilan bertanya guru dengan baik.Referensi
Afianti, D., Witono, A. H., & Jiwandono, I. S. (2020). Identifikasi Kesulitan Guru Dalam Pengelolaan Kelas Di Sdn 7 Woja Kecamatan Woja Kabupaten Dompu. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(2), 203–213.
Nurfatimah, Affandi, L. H., & Jiwandono, I. S. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Kelas Tinggi Di SDN 07 Sila Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 145–154.
Arikunto, Suharsimi; Suhardjono dan Supardi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Arifin, Zainal. 2017. Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik, dan Prosedur). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ahmatika, Deti. 2016. Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa dengan Pendekatan Inquiry/Discovery. www.fkip-unswagati.ac.id. Vol 3, No 1, p. 395. Online tanggal 11 September 2018.
Crain, William, Theories of Development: Concepts and Applications, 3rd ed., terj. Yudi Santoso, Teori Perkembangan: Konsep dan Aplikasi, cet.1, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PTK Rineka Cipta.
Ennis, R. H,. 1991. Critical Thinking: A Streamlined Conception (versi elekronik). Teaching Philasophy, 14 (1), 5-23.
Gunawan, Adi W. 2003. Genius Learning Strategy Petunjuk Praktis untuk Menerapkan Accelarated Learning. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.
Hasibuan, J.J & Moedjiono. 2009. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Jacobsen, David. A; Eggen, Paul dan Kauchak, Donald. 2009. Methods for Teaching:metode-metode pengajaran meningkatkan belajar siswa TK-SMA edisi ke-8. (Diterjemahkan oleh Achad Fawaid dan Khoirul Anam). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Krathwohl. (2002). A Revision of Blomm's Taxonomy: an Overview. Teori into Practice.
Prasetyaningrum, Agil. 2014. Pengaruh Keterampilan Bertanya Guru terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Anak Kelompok B di TK Al-Hidayah. www.jurnalmahasiswa.unesa.ac.id. Online tanggal 31 Oktober 2018.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV.Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2016. Model-Model Pembelajaran Emansipatoris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tim Penyusun Panduan Pengajaran Mikro. 2014. Panduan Pengajaran Mikro. Yogyakarta: UNY Press.
Nurfatimah, Affandi, L. H., & Jiwandono, I. S. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Kelas Tinggi Di SDN 07 Sila Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 145–154.
Arikunto, Suharsimi; Suhardjono dan Supardi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Arifin, Zainal. 2017. Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik, dan Prosedur). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ahmatika, Deti. 2016. Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa dengan Pendekatan Inquiry/Discovery. www.fkip-unswagati.ac.id. Vol 3, No 1, p. 395. Online tanggal 11 September 2018.
Crain, William, Theories of Development: Concepts and Applications, 3rd ed., terj. Yudi Santoso, Teori Perkembangan: Konsep dan Aplikasi, cet.1, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PTK Rineka Cipta.
Ennis, R. H,. 1991. Critical Thinking: A Streamlined Conception (versi elekronik). Teaching Philasophy, 14 (1), 5-23.
Gunawan, Adi W. 2003. Genius Learning Strategy Petunjuk Praktis untuk Menerapkan Accelarated Learning. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.
Hasibuan, J.J & Moedjiono. 2009. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Jacobsen, David. A; Eggen, Paul dan Kauchak, Donald. 2009. Methods for Teaching:metode-metode pengajaran meningkatkan belajar siswa TK-SMA edisi ke-8. (Diterjemahkan oleh Achad Fawaid dan Khoirul Anam). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Krathwohl. (2002). A Revision of Blomm's Taxonomy: an Overview. Teori into Practice.
Prasetyaningrum, Agil. 2014. Pengaruh Keterampilan Bertanya Guru terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Anak Kelompok B di TK Al-Hidayah. www.jurnalmahasiswa.unesa.ac.id. Online tanggal 31 Oktober 2018.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV.Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2016. Model-Model Pembelajaran Emansipatoris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tim Penyusun Panduan Pengajaran Mikro. 2014. Panduan Pengajaran Mikro. Yogyakarta: UNY Press.
Unduhan
Diterbitkan
2021-06-04
Cara Mengutip
Murferatiwi, B. W., Darmiany, D., & Nisa, K. . (2021). HUBUNGAN ANTARA PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN KECERDASAN SOSIAL SISWA KELAS V SDN GUGUS V KECAMATAN CAKRANEGARA . JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.29303/pendas.v2i1.95
Terbitan
Bagian
Articles