HUBUNGAN INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD 2 KARANG BENER
DOI:
https://doi.org/10.29303/pendas.v5i2.4829Kata Kunci:
game online, motivasi belajarAbstrak
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas bermain game online terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD 2 Karang Bener Kabupaten Kudus. Metode korelasi merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kuantitatif korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD 2 Karang Bener yang berjumlah 8 siswa. Sampel yang diambil semua siswa kelas V SD 2 Karang Bener, karena populasinya kurang dari 10 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket. Angket yang digunakan berupa angket intensitas bermain game online dan angket motivasi belajar yang terdiri dari 10 item soal. Hasil berdasarkan uji statistik korelasi rank spearman hubungan intensitas bermain game online dengan motivasi belajar didapatkan hasil uji I korelasi Rank Spearman diperoleh nilai Correlation Coefficient sebesar 0,291 artinya korelasi antara kedua variabel tersebut sangat lemah dan didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,484 (p>0,05). Karena nilai p-value> 0.05 maka keputusan uji adalah Ho diterima dan Hα, ditolak. sehingga disimpulkan tidak ada hubungan antara intensitas bermain game online dengan motivasi belajar siswa SD 2 Karang Bener. Kesimpulan berdasarkan hasil tersebut diharapkan bagi guru beserta orang tua lebih memperhatikan anaknya terutama mencakup aktivitas anak dalam menggunakan teknologi yang perkembangannya saat ini semakin pesat terutama dalam membangkitkan motivasi dan prestasi siswa melalui perkembangan teknologi.Referensi
Anugrah, A., Istiningsih, S. ., & Zain, M. I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Wordwall Berbasis Game Edukasi Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VI SDN 48 Cakranegara. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(3), 208–216. Retrieved from https://jurnal.educ3.org/index.php/pendagogia/article/view/81.
Ayulia, E., & Perdana, P. I. . (2022). Penguatan Literasi Digital Pada Siswa SD Melalui Implementsi Game Based Learning (GBL). Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(3), 226–230. Retrieved from https://jurnal.educ3.org/index.php/pendagogia/article/view/89.
Haryanti, Nik, et al. “PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MI MIFTAHUL HUDA SENDANG TULUNGAGUNG The Effect Of Online Games On Learning Achievement And Learning Motivation Of Mi Miftahul Huda Students Sendang Tulungagung Mar’atul Hasanah MI .” Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, vol. 2, no. 3, 2022, pp. 131–38.
Hidayatuladkia, Shella Tasya, et al. “Peran Orang Tua Dalam Mengontrol Penggunaan Gadget Pada Anak Usia 11 Tahun.” Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, vol. 5, no. 3, 2021, p. 363, https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38996.
Laeliah, Siti Mutiah, and Fachruroji Fachruroji. “Pengaruh Game Online Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam.” Indonesian Journal of Education and Social Sciences, vol. 2, no. 1, 2023, pp. 1–6, https://doi.org/10.56916/ijess.v2i1.352.
Larasati, Erlyn Dwi, et al. “Dampak Intensitas Bermain Online Game Terhadap Motivasi Belajar Dan Perilaku Sosial Anak.” Indonesian Journal of Education and Social Sciences, vol. 2, no. 2, 2023, pp. 112–23, https://doi.org/10.56916/ijess.v2i2.495.
Nuhan, Maria Yohanesti Gola. “Hubungan Intensitas Bermain Game Online Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Jarakan Kabupaten Bantul Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 6, no. 5, 2016, pp. 494–501.
Prasetyo, Aji, et al. “Dampak Permainan Game Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Educatio FKIP UNMA, vol. 9, no. 1, 2023, pp. 333–40, https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4733.
Rahyuni, Rahyuni, et al. “Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa SD Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo.” Bosowa Journal of Education, vol. 1, no. 2, 2021, pp. 65–70, https://doi.org/10.35965/bje.v1i2.657.
Sari, Apriani Susmita, et al. HUBUNGAN INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI SISWA. 2024, pp. 15–22.
Sari, Refri Diantika, et al. “Pentingnya Ikut Serta Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Anak Sekolah Dasar.” Journal for Lesson and Learning Studies, vol. 4, no. 3, 2021, pp. 378–87, https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.38572.
Silalahi, Ulber. “METODOLOGI Analisis Data Dan Intepretasi Hasil Untuk Penelitian Sosial Kuantitatif.” Journal Manajemen, 2018, p. 341, https://repository.unpar.ac.id/bitstream/handle/123456789/7728/Ulber_143804-p.pdf?sequence=1&isAllowed=y.
Theresia, Elizabeth, et al. “Hubungan Kecanduan Bermain Game Online Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Smp Di Kota Bandar Lampung Tahun 2019.” PSYCHE: Jurnal Psikologi, vol. 1, no. 2, 2019, pp. 96–104, https://doi.org/10.36269/psyche.v1i2.103.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Muzdalifah Muzdalifah, Vebby Meilia Roja, Fara Fatika Maharani , Wardatutsani Latifun Niklah, Sekar Dwi Ardianti, Erick Aditia Ismaya
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.