HUBUNGAN AKTIVITAS BELAJAR KELOMPOK DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS 05 KALIJAGA KECAMATAN AIKMEL TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Penulis

  • Wardani Wardani Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Nurul Kemala Dewi Universitas Mataram
  • Nurhasanah Nurhasanah Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/pendas.v3i1.472

Kata Kunci:

Aktivitas Belajar Kelompok, Hasil Belajar Muatan IPS

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan aktivitas belajar kelompok dengan hasil belajar muatan IPS siswa kelas IV SDN gugus 05 kalijaga kecamatan aikmel. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan studi korelasional. Adapun tehnik yang digunakan untuk pengambilan data yaitu angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan tehnik analisis korelasi Product Moment berbantuan program SPSS version 16.0 for windows. Tehnik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gugus 05 Kecamatan Aikmel, sedangkan sampelnya adalah kelas IV SDN 1 Kalijaga Selatan, SDN 1 Kalijaga Timur, SDN 2 Kalijaga dan kelas IV SDN 3 Kalijaga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor aktivitas belajar kelompok adalah 41,4 (tinggi). Sedangkan nilai tuntas hasil belajar muatan IPS siswa adalah 89,6 (baik). Hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas belajar kelompok dengan hasil belajar muatan IPS siswa yang ditunjukkan dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,001<0,05 pada taraf signifikansi 5%  dengan nilai Correlation Coefficient sebesar 0,399 (rhitung)>0,2027 (rtabel). Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, yang berarti bahwa ada hubungan yang signifikan antara aktivitas belajar kelompok dengan hasil belajar muatan IPS siswa SDN Gugus 05 Kalijaga Kecamatan Aikmel Tahun Pelajaran 2020/2021. Hal ini berarti semakin baik aktivitas belajar kelompok yang dilakukan guru, maka hasil belajar yang diperoleh siswa semakin baik. Kata Kunci : Aktivitas Belajar Kelompok, Hasil Belajar Muatan IPS

Referensi

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. (2008). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Handajani, F., Hapsari, K., & Garianto, E. (2019). Hubungan Antara Aktivitas Belajar Kelompok Dengan Indeks Prestasi Mahasiswa Semester 6 Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuang Surabaya Tahun Ajaran 2017/2018. Medical and Health Science Journal Vol.3.

Moedjiono dan Moh. Dimyati. (2015). Strategi Belajar Mengajar. Depdikbud Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Pressman, Roger S. 2015. Software Engineering: A Practitioner’s Approach. New York: McGraw-Hill Education.

Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistik. Bandung. Alfabeta.

Sardiman, A.M. (2012). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Diterbitkan

2022-06-20

Cara Mengutip

Wardani, W., Dewi, N. K., & Nurhasanah, N. (2022). HUBUNGAN AKTIVITAS BELAJAR KELOMPOK DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS 05 KALIJAGA KECAMATAN AIKMEL TAHUN PELAJARAN 2020/2021. JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL, 3(1), 49–57. https://doi.org/10.29303/pendas.v3i1.472

Terbitan

Bagian

Articles