PENGARUH METODE BRAINWRITING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 20 AMPENAN TAHUN AJARAN 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.29303/pendas.v3i1.435Kata Kunci:
Metode Brainwriting, Kemampuan Pemecahan Masalah IPSAbstrak
Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi di SDN 20 Ampenan yaitu masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa terutama pada mata pelajaran IPS. Hal ini disebabkan karena guru cenderung menggunakan metode satu arah (konvensional) dan kurang variasinya guru dalam menerapkan metode pembelajaran. Oleh karena itu perlu adanya pembaruan dalam melaksanakan metode pembelajaran yakni menggunakan metode Brainwriting. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Brainwriting terhadap kemampuan pemecahan masalah pada pelajaran IPS kelas V SDN 20 Ampenan Kecamatan Mataram Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Nonequivalent control group design tipe quasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VB sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VA sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Instrument yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran metode Brainwriting dan tes kemampuan pemecahan masalah. Dalam pengujian instrument, peneliti menggunakan uji validitas ahli. Adapun analisis data dalam penelitian ini diawali dengan uji normalitas menggunakan rumus Kolmogrov Smirnov dengan taraf signifikansi 5 % (0,05) yang dilanjutkan dengan uji homogenitas dan uji hipotesis penelitian. Kemudian data kemampuan pemecahan masalah dianalisis dengan uji-t untuk mengetahui hipotesis penelitian. Hasil analisis data didapatkan nilai sig.2 tailed sebesar 0,000 yang nilainya kurang dari 0,05, maka berdasarkan hipotesis penelitian, jika nilai sig.2 tailed < 0,05 t-tabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode Brainwriting terhadap kemampuan pemecahan masalah pada pelajaran IPS kelas V SDN 20 Ampenan Tahun Ajaran 2021/2022.Referensi
Azizah, A. (2015). Pembelajaran Menulis Puisi dengan memanfaatkan teknik Brainwriting pada peserta didik SD/MI kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 136-140.
Haryadi, H. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN WRITING TERHADAP KEMAMPUAN MAHASISWA MENULIS ARTIKEL DI MEDIA MASSA. Jurnal Bindo Sastra, 3(2), 98-103.
Indonesia, P. R. (2006). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Rofi’ah, Siti. (2019). Peningkatan Kemampuan Belajar Bahasa Indonesia Siswa dengan Metode BrainWriting Melalui Menulis Puisi Bebas pada Siswa Kelas V SD Plus Tahfizhul Qur’an An Nida Salatiga: IAIN SALATIGA
Sapriya. (2011). Pendidikan IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Setiawan, H., Khair, B. N., Ratnadi, R., Hakim, M., & Istiningsih, S. (2020, August). Developing HOTS-Based Assessment Instrument for Primary Schools. In 1st Annual Conference on Education and Social Sciences (ACCESS 2019) (pp. 216-220). Atlantis Press.
Sugiyono. (2012). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Tifanni, A. N. (2018). Pengaruh Penggunaan Metode Brainwriting terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi IPA Kelas IV SDN Watesnegoro 1 Mojokerto. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(6).