FAKTOR PENGHAMBAT MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS II SDN 32 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2020/2021

Penulis

  • Sri Ayu Merlinda Yani PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Khairun Nisa PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Heri Setiawan PGSD FKIP Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/pendas.v2i2.394

Kata Kunci:

Analisisi, Faktor penghambat, Membaca Permulaan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penghambat membaca permulaan pada siswa kelas II SDN 32 Cakranegara dan alternatif solusi yang dapat digunakan agar tidak mengalami hambatan dalam membaca permulaan. Faktor internal meliputi intelegensi, minat, bakat, dan motivasi, sedangkan faktor eksternal meliputi lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, kesimpulan atau verifikasi. . Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber,  dan tersedianya referensi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor penghambat membaca permulaan siswa di kelas II ini adalah kurangnya minat, bakat, motivasi dari dalam diri siswa itu sendiri untuk belajar membaca, hal ini juga didukung dengan faktor lingkungan keluarga dan sekolah.Yang pertama, kurangnya dukungan dan motivasi dari orang tua dan keluarga terhadap siswa dengan tidak adanya perhatian khusus yang diberikan kepada siswa dalam mengajarkan siswa membaca permulaan dirumah, yang kedua tidak adanya kreativitas guru dalam mengajarkan siswa membaca serta tidak adanya fasilitas dari sekolah yang mendukung proses pembelajaran. Ada pun upaya strategi yang digunakan guru dalam mengatasi hambatan membaca permulaan siswa adalah membagi siswa/memfokuskan mengajar siswa yang belum bisa membaca, menyediakan buku khusus membaca permulaan, melakukan permainan/games, mengingatkan kepada orang tua untuk sering mengajarkan anak membaca dirumah sesibuk apapun mereka, dan melatih siswa dengan rutin setiap hari. Kata Kunci: analisis, faktor penghambat, membaca permulaan, SDN 32 Cakranegara.

Referensi

Abbas, Saleh ( 2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Akhadia, S dkk. (1994). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga

Haryanti, Dwi E.( 2010). Meningkatkan keterampilan Membaca Permulaan melalui Media Gambar Seri pada Siswa Kelas I SD Negeri 02 Mojowetan, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora, Tahun 2009/2010. Skripsi

Lestari, Novita Dian Dwi, Muslimin Ibrahim, Siti Maghfirotun Amin, and Suharmono Kasiyun. (2021). "Analisis Faktor-Faktor yang Menghambat Belajar Membaca Permulaan Pada Siswa Sekolah Dasar." Jurnal Basicedu 5 (4), p. 2611-2616.

Mulyati, Y., & Cahyani, I. (2018). Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Pramesti, F. (2018). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 283-289.

Pratiwi, Inne Marthynne., & Vina Anggia Nastitie Ariawan. (2017). “ Analisis Kesulitan Siswa dalam Membaca Permulaan di Kelas I Sekolah Dasar†Jurnal Pendidikan Dasar. 26 (1). Hlm. 69-76.

Putra, Ida Bagus Made Eka Yoni Adnyana. (2017). “Penerapan Media Gambar dan Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaanâ€. Journal of Education Action Research. 1 (2) p.133 .

Rafika, N., & Lestari, K. M. & S. (2020). Analisis kesulitan membaca permulaan pada siswa sekolah dasar. Prosidig Konferensi Ilmiah Dasar, 2, p. 301–306.

Rahim, F. (2011). Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Rahma, M., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(2), 397-410.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H. G (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan. Bandung : Angkasa.

Taufina & Faisal. (2016). Mozaik Penilaian Pembelajaran Bahasa dan Apresiasi Sastra Indonesia Di Sekolah Dasar. Bandung: Angkasa.

Windrawati, W., Solehun, S., & Gafur, H. (2020). Analisis Faktor Penghambat Belajar Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I SD Inpres 141 Matalamagi Kota Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 10-16.

Diterbitkan

2021-12-20

Cara Mengutip

Yani, S. A. M., Nisa, K., & Setiawan, H. (2021). FAKTOR PENGHAMBAT MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS II SDN 32 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2020/2021. JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL, 2(2), 136–146. https://doi.org/10.29303/pendas.v2i2.394

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama