PENGARUH METODE RESITASI (PENUGASAN) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 2 KEKERI TAHUN AJARAN 2021/2022

Penulis

  • Silvia Ika Januarti PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Muhammad Liwa Ilhamdi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Mataram
  • Husniati Husniati PGSD FKIP Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/pendas.v2i2.375

Kata Kunci:

Metode Resitasi (Penugasan), Hasil Belajar IPA

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode resitasi (penugasan) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen jenis Quasi Eksperimental dengan tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas V di SDN 2 Kekeri yang berjumlah 36 siswa dan teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah tehnik sampling jenuh dimana kelas VA sebagai kelas (kontrol) dan kelas VB sebagai kelas (eksperimen). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar kognitif IPA siswa. Data hasil belajar kognitif IPA siswa dianalisis menggunakan uji-t (t-test) Separated Varians dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil hitung analisis statistik t-test diperoleh hasil thitung > ttabel  yaitu sebesar 4,680 > 2,034 yang berarti terdapat pengaruh metode resitasi (penugasan) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 2 Kekeri Tahun Ajaran 2021/2022. Perbedaan sebesar 15,74 (78,29-62,55). Berdasarkan perhitungan uji gain terhadap hasil belajar IPA siswa, yang ditandai dengan rata-rata <g> kelas eksperimen sebesar 0,562 kategori sedang, lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata kelas kontrol yaitu 0,288 kategori rendah. Sehingga dengan demikian memperkuat kesimpulan bahwa adanya pengaruh penggunaan metode resitasi (penugasan) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 2 Kekeri Tahun Ajaran 2021/2022.

Referensi

Ardhani, A. D., Ilhamdi, M. L., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV SD. Jurnal Pijar MIPA, 16(02), 170-175.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Jakarta : PT Rineka Cipta.

Djamarah, S. B & Zain, A. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Faramida, G., (2018), Pengaruh Pemberian Positive Reinforcement Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 8 Cakranegara Tahun Pelajaran 2017/2018, Skripsi S1, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Mataram.

Halawa, E., & Chrismastianto, I. A. W. (2021). Penerapan Metode Resitasi untuk Meningkatkan Keterlibatan Aktif Siswa Dalam Pencapaian Tujuan Pembelajran Sejarah Kelas X-IPS. Jurnal KAIROS, 1(1), 54-78. [online] available at https://ojs.uph.edu/index.php/KAIROS/article/view/3163

Ilhamdi, M. L., Novita, D., & Rosyidah, A. N. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA SD. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 1(02), 49-57.

Irawati, I., Nasruddin., & Ilhamdi, M. L. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar MIPA, 16(1), 44-48.

Julianto., Amsia, T., & M, S. (2015). Pengaruh Metode Belajar Resitasi terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah, 3(2), 1-11.

Pertiwi, P. R., Basri, W., & Aisiah (2018). Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Sejarah di SMAN 13 Padang. Journal of Education on Social Science, 2(2), 114-124. [online] available at https://jess.ppj.unp.ac.id/index.php/JESS/article/view/141

Sagala, Syaiful. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sakila. (2019). Metode Resitasi (Penugasan) dalam Pembelajaran Menemukan Gagasan dari Artikel dan Buku Melalui Membaca Ekstensif. Jurnal Ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan, 7(1), 73-86. [online] available at https://totobuang.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/totobuang/article/view/126/91

Samatowa, U. (2016). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.

Sinar. (2018). Metode Active Learning: Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Sudjana, Nana. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sulviana, A., Jufri, A. W., & Japa, L. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran 5e Terhadap Kesadaran Metakognitif dan Sikap Ilmiah Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Mts 1 Mataram. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi (Vol. 1, No. 1, pp. 20-25).

Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Susanto, Ahmad. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

Trianto. (2013). Model Pembelajaran Terpadu, Bumi Aksara, Jakarta.

Triwiyanto, Teguh. (2015). Pengantar Pendidikan. Bumi Aksara.

Diterbitkan

2021-12-21

Cara Mengutip

Januarti, S. I., Ilhamdi, M. L., & Husniati, H. (2021). PENGARUH METODE RESITASI (PENUGASAN) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 2 KEKERI TAHUN AJARAN 2021/2022. JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL, 2(2), 101–110. https://doi.org/10.29303/pendas.v2i2.375

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama