PENERAPAN PEMBELAJARAN DIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA FASE C SDN 03 KALIRANDU
DOI:
https://doi.org/10.29303/pendas.v5i1.3685Kata Kunci:
diferensiasi, hasil belajar, peserta didikAbstrak
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang hasilnya berupa peningkatan hasil belajar peserta didik dalam materi bilangan cacah sampai 100.000. Penelitian ini dilaksanakan di Fase C SDN 03 Kalirandu Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang pada semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Subjek dari penelitian ini yakni siswa Fase C SDN 03 Kalirandu. Metode pengumpulan data menggunakan teknik analisis kuantitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini yakni peningkatan hasil belajar prasiklus ke hasil belajar siklus I sebanyak 37 % dan peningkatan hasil belajar siklus I ke hasil belajar siklus II sebanyak 6%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas menggunakan pembelajaran diferensiasi di kelas dapat meningkatkan hasil belajar matematika fase C materi bilangan cacah sampai 100.000 SDN 03 Kalirandu.Referensi
Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam implementasi kurikulum merdeka pada pelajaran matematika SD. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95–101.
Arhinza, A., Sukardi, S., & Murjainah, M. (2023). Analisis Pembelajaran Diferensiasi Berbasis P5 pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. Journal on Education, 6(1), 6518–6528.
Azizah, S. A., Usman, A., Fauzi, M. A. R., & Rosita, E. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa dalam Menerapkan Pembelajaran Berdeferensiasi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 12–12.
Basir, M. R., Muhaqqiqoh, S. S., & Pandiangan, A. P. B. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Strategi Mencapai Tujuan Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka. Inovasi: Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan, 1(2), 132–138.
Budiasih, A., & Warnesih, W. (2021). Peningkatan Pemahaman dan Keaktifan Siswa Kelas V SDN Kalibening Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan Model Pembelajaran STAD. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 97–105.
Elviya, D. D., & Sukartiningsih, W. (2023). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV sekolah dasar di SDN Lakarsantri I/472 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(8), 1780–1793.
Farid, I., Yulianti, R., Hasan, A., & Hilaiyah, T. (2022). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11177–11182.
Fatimah, S., & Mashar, R. (2023). Peran Guru Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Di Taman Kanak-Kanak ABA Al-Furqon Nitikan Yogyakarta. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 1–10.
Meirisa, S. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdeferensiasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 3348–3356.
Muslimin, M., Hirza, B., Nery, R. S., Yuliani, R. E., Heru, H., Supriadi, A., Desvitasari, T., & Khairani, N. (2022). Peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui pembelajaran berdiferensiasi dalam mewujudkan merdeka belajar. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 8(2), 22–32.
Nurbaya, S. (2021). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan penyelesaian masalah Melalui model problem based learning (PBL) pada Pembelajaran tematik kelas VI SDN 19 Cakranegara. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 106–113.
Nursih, B., Rahmaningrum, A., Nurifati, N., Fatimah, S., Farijah, D., & Mashar, R. (2024). Penerapan Kegiatan Bercocok Tanam dalam Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Primera Educatia Mandalika: Elementary Education Journal, 1(1), 7–16.
Rompis, F. F. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Aritmetika Sosial Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(1), 219–236.
Sabarikun, N., & Purnomo, H. (2023). PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 1651–1659.
Sarie, F. N. (2022). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dengan model problem based learning pada siswa sekolah dasar kelas VI. Tunas Nusantara, 4(2), 492–498.