PENERAPAN PEMBELAJARAN TIK (TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI) PADA EKSTRAKURIKULER KOMPUTER DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI 2 YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.29303/pendas.v4i1.3329Kata Kunci:
komputer, pembelajaran, anak usia diniAbstrak
Perkembangan teknologi yang sangat pesat telah menyentuh aspek pendidikan termasuk pada anak usia dini. Pembelajaran dengan perangkat komputer yag biasanya mulai dikenalkan pada level sekolah dasar, ternyata sudah dapat dilakukan pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan pembelajaran menggunakan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) dengan perangkat komputer pada anak usia dini. Subjek pada penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru ekstrakurikuler komputer dan peserta didik TK Negeri 2 Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu diskriptif kualitatif sedangkan pengumpulan data meggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa pembelajaran TIK di TK Negeri 2 Yogyakarta dimasukkan dalam program kegiatan ekstrakurikuler yang menggunakan perangkat komputer dan permainan edukatif. Guru ekstrakurikuler berkoordinasi dengan guru kelas untuk menyesuaikan jenis kegiatan dengan tema, tujuan pembelajaran dan tingkat kesulitan sesuai kelompok usia peserta didik. Materi yang diberikan diantaranya pengenalan perangkat keras, pengenalan bentuk geometri, warna, pengenalan simbol huruf dan angka melalui permainan (games). Metode yang digunakan dalam pembelajaran komputer yaitu metode demonstrasi, praktik langsung dan permainan. Melalui pembelajaran komputer ini guru lebih mudah menyampaikan materi pengajaran dan siswa lebih tertarik pada pembelajaran yang dilakukan.Referensi
Aisyah, Siti. (2014). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Tangerang Selatan :Universitas Terbuka
Azis, M. (2018). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Melalui Metode Demonstrasi pada Kelompok B di TK Putri Listio Desa Dalu Sepuluh-A Kecamatan Tanjung Mowara Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2017/2018. Medan.
Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Peserta didik. Yogyakarta: Deepublish.
Fatimah, S. (2022). PENGARUH PERMAINAN KARTU EMOSI TERHADAP KEMAMPUAN SOSIOEMOSIONAL MASA KANAK-KANAK AWAL DI TAMAN KANAK-KANAK KOTA MALANG. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 10(2), 60-68.
Fatimah, S., & Mashar, R. (2023). Peran Guru Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Di Taman Kanak-Kanak ABA Al-Furqon Nitikan Yogyakarta. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 1–10.
Hamsiah, W. (2022). Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Abad 21 serta Biodiversitas Indonesia. Surabaya: UM Surabaya Publishing.
Hardiyana, A. (2016). Optimalisasi pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran PAUD. Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, 2(1).
Kasmiati, & Rahman. (2022). Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini di Era Digital melalui Program Macromedia flash 8. PAUD Lectura, 121-131.
Kustiawan, U. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Gunung Samudra.
Muhammad, N. (2019). Multitasking Teacher. Yogyakarta: Araska.
Prathiwi, S. (2021). Pentingnya keterampilan TIK guru PAUD pada abad 21. PEDAGOGIKA, 194-200.
Pribady, dkk, B. (2008). Komputer dalam Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Rochanah, L. (2016). Urgensi Media berbasis komputer pada Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf. Seling Jurnal Program Studi PGRA, 1-8.
Rukiyati, R. (2019). Upaya Meningkatkan Kreativitas Membentuk Balok Bangunan Melalui Metode Praktik Langsung Pada Anak. Jurnal Pelita PAUD, 3(2), 135-150.
Sugiyono, D. (2017). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Zulfajri, dkk. (2021). Pendidikan Anak Prasekolah. Tasikmalaya: Edu Publisher.