ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS 5 SDN 2 TAMBAKRIGADUNG
DOI:
https://doi.org/10.29303/pendas.v4i1.3083Kata Kunci:
Media video pembelajaran, minat belajarAbstrak
Dalam era kemajuan dunia, dunia Pendidikan pun mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Salah satunya kini dalam beberapa kegiatan pembelajaran banyak guru yang sudah menggunakan video sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran dirasa sangat penting karena merupakan salah satu pembantu dalam kegiatan mengajar. Media berbentuk video ini membantu guru dalam menjelaskan materi kepada siswa-siswi. Selain menambah minat belajar, siswa juga lebih semangat karena adanya visual dalam sebuah video. Media pembelajaran juga bisa menjadi salah satu faktor pemicu minat belajar siswa. Minat belajar merupakan dorongan dalam diri sendiri untuk melakukan sesuatu yang dapat membuatnya tertarik dan senang. Metode penelitian yang digunakan yakni Kualitatif Deskriptif. Tujuan penelitian kali ini yakni untuk menganalisis kegiatan pembelajaran di SDN 2 Tambakrigadung. Tepatnya berada di kelas 5 dengan jumlah siswa 30 orang. Hasil yang diperoleh dalam penelitian kali ini menunjukan bahwa keaktifan siswa dalam menyuarakan pendapatnya meningkat 20% setelah peneliti menjelaskan tentang materi yang dipaparkan menggunakan media pembelajaran berbentuk videoReferensi
Dewantari, S. M., & Kharisma, A. I. (2021). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Dalam Mengikuti Ulangan Harian Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 347–360.
Dwisetiarezi, D., Kubung, K., & Solok, K. (2019). Penggunaan Media Tiga Dimensi Model Kerja pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. 19(2), 141–145.
Harahap, H.S. (2019). Pengembangan Media ajar interaktif biologi berbasis macromedia flash dalam komputer pada materi sistem pernapasan manusia. Jurnal pembelajaran dan biologi nukleus, 5(2), 54-66. DOI : 10.36987/jpbn.v5i2.1356.
Hartanto, P., Ilahi, W. B., Jamaluddin, J., & Syukur, A. (2021). Optimalisasi pembelajaran pada materi sistem pencernaan manusia melalui penggunaan video untuk meningkatkan minat belajar siswa pada masa pandemi Covid-19 di MTs. AL-Istiqomah Telagawaru. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 182–188.
Humairah, H., Rismawanda, R., Khamidah A, Z., Mubarok, M. S., & Saud, A. S. (2021). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembalajaran RAPATJURANG (Cara Cepat Penjumlahan dan Pengurangan). JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(01), 8–13. https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.487
Imron, Y., Affandi, L. H., & Turmudzi, M. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Video Online Dalam Materi Pecahan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN 15 Cakranegara Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 1(2), 97–103.
Jannah, R., Karma, I. N., & Dewi, N. K. (2022). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon Pada Pembelajaran Tematik Tema 6 Kelas V. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1930–1937.
Nurwinda, Khaedar, M., Cayati, & HS, E. F. (2022). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri 188 Tanrongi Kabupaten Wajo. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 7(1), 36–44. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/download/6729/4324
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0, November, 289–302.
Ramadaniyanti, D. P., & Setyawan, A. (2022). PERAN PENTING PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DALAM MATERI PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS 5 SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 3(2), 121–127.
Rismawanda, R., & Khasanah, L. A. I. U. (2021). Penerapan Metode Kooperatif pada Kompetensi Afektif dan Kongnitif Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah 1 Sukodadi. Manazhim, 3(2), 253–262. https://doi.org/10.36088/manazhim.v3i2.1383