PERLAKUAN GURU TERHADAP ANAK DISLEKSIA
STUDI MENDALAM DI KELAS III SDN 34 CAKRANEGARA
DOI:
https://doi.org/10.29303/pendas.v5i1.2730Kata Kunci:
Dislekasia, perlakuan guru, kesulitan belajarAbstrak
Dalam dunia pendidikan terdapat kesulitan belajar dalam proses pembelajaran, dimana ketidakmampuan siswa dalam menerima atau merespon dalam proses pembelajaran, sehingga diperlukan peran guru dalam menangani kesulitan belajar. Salah satunya kesulitan membaca yang disebut dengan disleksia. Disleksia merupakan adanya kesulitan dalam menganalisis ucapan, suara, serta sulit dalam mempelajari mengenai cara dalam menggabungkan huruf dan kata yang dimana hal ini umumnya dirasakan pada anak-anak di usia sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perlakuan guru terhadap anak disleksia di kelas III SDN 34 Cakranegara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Ada pun sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui mengamati dan mewawancarai wali kelas guru kelas III. Terdapat tiga alur kegiatan yang dapat dilakukan dalam analisis data, yaitu data reduksi, data penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis yang didapatkan, menunjukkan adanya 3 latar belakang anak mengalami disleksia, dengan memiliki ciri anak kurang memahami bentuk tulisan, guru memberikan fasilitas berupa buku, dengan media gambar, dan metode multisensory, dan selalu memberikan motivasi kepada anak untuk percaya diri.Referensi
Berliani, D. S., & Witono, A. H. (2024). Upaya Guru Dalam Menangani Kesulitan Belajar Membaca Siswa Kelas 2 SDN 45 Mataram. Primera Educatia Mandalika: Elementary Education Journal, 1(1), 1 - 6. Retrieved from https://jiwpp.unram.ac.id/index.php/primera/article/view/136.
Devioni, N. P. E. S., Witono, H., & Widiada, I. K. (2023). UPAYA GURU DALAM MENANGANI KESULITAN BELAJAR PADA SISWA DISLEKSIA DI KELAS 3 SDN 36 CAKRANEGARA. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 4(2), 154-159.
Hanny, Lutfiah, and Zaini Dahlan. "ANALISIS METODE SUKU KATA BAGI SISWA SULIT MEMBACA (DISLEKSIA) PADA SEKOLAH DASAR KELAS V MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA." ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 7.1 (2023): 60-74.
Miles, M.B & Hubermen A.M. (1984), Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. 1992. Jakarta : Penerbit Universitas Indonesia.
Permanasari, I, Mereka (Tetap) Anak Pintar, Kompas Cyber Media. Retrieved October 25,2016
Pristiwanti, Desi, et al. "Pengertian Pendidikan." Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4.6 (2022): 7911-7915.
Setiawan, H., Karnia, A., Ahmad, A., Saputra, H. H., Oktaviyanti, I., Affandi, L. H., Ermiana, I., Witono, A. H., & Hakim, M. (2024). WORKSHOP PENYUSUNAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN INKLUSIF DI GUGUS 1 KEC. KOPANG KAB. LOMBOK TENGAH. Jurnal Interaktif: Warta Pengabdian Pendidikan, 4(1), 1 - 7. https://doi.org/10.29303/interaktif.v4i1.104.
Setiawan, H., Oktaviyanti, I., Jiwandono, I. S., Affandi, L. H., Ermiana, I., & Khair, B. N. (2020a). Analisis Kendala Guru Di SDN Gunung Gatep Kab. Lombok Tengah Dalam Implementasi Pendidikan Inklusif. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2).
Setiawan, H., Aji, S. M. W., & Aziz, A. (2020b). Tiga Tantangan Guru Masa Depan Sekolah Dasar Inklusif. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, 5(2), 241-251.
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &. D. Bandung: Alfabeta Bandung
Utami, Fadila Nawang. "Peranan Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SD." Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 2.1 (2020): 93-101.
Witri, D., Saputra, H. H., Rahmatih, A. N., & Witono, A. H. (2022). Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Siswa Kelas II di SD Negeri 1 Wanasaba Daya. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2181-2189.
Zuraidah, I., Affandi, L. H., & Jiwandono, I. S. . (2021). Self esteem Peserta Didik dalam Implementasi Pendidikan Inklusi. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(3), 166–172.