PENGEMBANGAN MEDIA POHON NUMERASI MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN CACAH 11-20 KELAS I SD NEGERI 37 CAKRANEGARA
DOI:
https://doi.org/10.29303/pendas.v4i2.2128Kata Kunci:
media pohon numerasi, penjumlahan pengurangan, bilangan cacah, matematika SD.Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah (1) Menjelaskan proses langkah-langkah pembuatan media pohon numerasi matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah 11-20, (2) Mengetahui kelayakan dan kepraktisan media pohon numerasi matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah kelas I SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ASSURE. Instrumen penelitian menggunakan lembar angket validasi ahli materi, ahli media, dan lembar angket respon guru dan respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan kriteria layak dengan persentase sebesar 76,36% dari ahli materi dan 85,71% dari ahli media. Sedangkan hasil angket respon guru dan siswa menunjukkan kriteria sangat praktis dengan persentase sebesar 90% dari angket respon guru dan 97% dari angket respon siswa. Maka, dapat dinyatakan bahwa media pohon numerasi materi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah 11-20 sudah layak dari aspek kelayakan dan kepraktisan untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada siswa kelas I SD Negeri 37 Cakranegara.Referensi
Arjuna. (2011). Metode Penelitian. Dalam Kutipan dari Andry Prasetyo berupa Bukunya Metodologi Penelitian Kualitatif : dalam Prespektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta : Arruz Media.
Keitimu, T. A., Bera, L., & Mbari, M. A. F. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan dengan Mengunakan Media Pohon Pintar Pada Siswa Kelas 1 SDK Wegoknatar. Journal on Education, 5(3), 6688-6696.
Mayasari, Y., Mappapoloenro, A. M., & Iriansyah, H. S. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Media Pohon Pintar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara.
Oktaviyanti, I. (2022). Profil Kemampuan Numerasi Dasar di SDN Mentokan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1066. Diakses 22 Juli 2022. Universitas Mataram. http://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/700.
Riduwan. (2007). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Sadiman. (2011). Media Pengajaran, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatanya. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media.
Sari, S. G., Ambiyar, A., Aziz, I., & Leffega, C. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pohon Pintar Pada Materi Penjumlahan Pada Kelas I SDN 52 Parupuk Tabing (Studi Berdasarkan Asesmen). Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1207-1216.
Setiawan, H. (2022). Profil Kemampuan Numerasi Siswa SDN 2 Kuta Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 537. Diakses 26 September 2022. Universitas Mataram http://www.jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/546/344.
Sukmadinata. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Graha Aksara.
Suparno. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang efektif di Sekolah Dasar. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Wahyuni, S., & Herlina, H. (2023). Pengaruh Media Media Pembelajaran Pohon Angka Terhadap Numerasi Anak PAUD di PKBM Tunas Unggul Kabupaten Lombok Utara. Transformasi: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 9(2), 191-197.