RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE PADA MATA PELAJARAN IPS JENIS-JENIS PEKERJAAN DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Devita Syafitriyani PGSD, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru
  • Komariah Komariah PGSD, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru
  • Yona Wahyuningsih PGSD, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru

DOI:

https://doi.org/10.29303/pendas.v4i2.1509

Kata Kunci:

prosedur ADDIE, media pembelajaran interaktif, Articulate storyline, jenis-jenis pekerjaan

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi pengoptimalan pada konsep jenis-jenis pekerjaan mencakup pekerjaan berdasarkan letak geografis pada pembelajaran IPS kelas IV di sekolah dasar, sehingga dikembangkanlah media pembelajaran interaktif articulate storyline jenis-jenis pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk dari rancangan media pembelajaran interaktif articulate storyline, mendeskripsikan kelayakan media dari hasil validasi para ahli diantaranya ahli materi, ahli bahasa dan ahli media, serta respon pengguna yaitu guru dan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif. Dengan menggunakan media pembelajaran interaktif articulate storyline diharapkan media dapat membantu siswa pada tingkatan abstraksi yang berbeda karena adanya gambar pada multimedia. Penelitian ini menggunakan metode Design and Development dengan menggunakan pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Partisipan penelitian ini melibatkan ahli materi, ahli bahasa dan ahli media untuk memberikan penilaian terhadap media pembelajaran interaktif ini. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada media ini menggunakan angket dan wawancara tidak terstuktur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif articulate storyline mendapatkan kategori sangat layak sebagai media untuk digunakan dalam pembelajaran khususnya IPS. Berdasarkan hasil uji coba produk terbatas, media pembelajaran interaktif ini memperoleh kategori sangat layak dari para ahli materi dengan aspek materi, tampilan, program, pembelajaran dan bahasa. Adapun respon dari pengguna yaitu guru dan siswa kelas IV SDN Bedahan 02 memberikan penilaian dengan kategori “sangat layak†dengan aspek materi, tampilan, bahasa, dan penggunaan. Sehingga dari hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif articulate storyline untuk materi jenis-jenis pekerjaan layak digunakan dalam pembelajaran IPS kelas IV sekolah dasar.    

Referensi

Amalida, L., & Halimah, L. (2023). TANTANGAN PEMBELAJARAN ABAD-21: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 4(1), 54 - 60. https://doi.org/10.29303/pendas.v4i1.2082

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2004). Evaluasi program pendidikan : Pedoman teoritis praktis bagi praktisi pendidikan. Bumi Aksara.

Arsyad, & Sulfemi, B. W. (2018). Metode Role Playing Berbantu Media Audio Visual Pendidikan dalam Meningkatkan Belajar IPS. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 3(2), 41–46.

Aulia, M., & Noor, M. (2010). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. PT. Multi Kreasi.

Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach (Vol. 722). New York: Springer.

C, R. R., & Klein, J. D. (2007). Design Development Research. https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9780203826034.

Hidayah, N., Nafitri, S. E., Zaky, F., & MZ, A. S. A. (2023). Pengembangan Media Interaktif Menggunakan Aplikasi Articulate Storyline Sebagai Media Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 83-91.

Hafiedz, R., & Nurhamidah, D. (2023). MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Pena Literasi, 6(1), 54-64.

Kurniawan, T. B. (2020). Perancangan Sistem Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minuman pada Cafetaria No Cafee di Tanjung Balai Karimun Menggunakan Bahasa Pemograman. TIKAR, 1(2), 192–206. https://doi.org/https://doi.org/10.1234/teknik_informatika.v1i2.153

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Kencana.

Malabay. (2016). Pemanfaatan Flowchart untuk Kebutuhan Deskripsi Proses Bisnis. 12, 21–26.

Nadzif, M., Irhasyuarna, Y., & Sauqina, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Ipa Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Sistem Tata Surya Smp. Jupeis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 17-27.

Nurlifa, A., Kusumadewi, S., & Kariyam. (2014). Analisis Pengaruh User Interface terhadap Kemudahan Penggunaan Pendukung Keputusan Seorang Dokter. 333–340.

Rusdi, M. (2018). Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan. Rajagrafindo Persada.

Sulistiawati, A., & Prastowo, A. (2021). PENGGUNAAN PHET SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN IPA PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 2(2), 82 - 91. https://doi.org/10.29303/pendas.v2i2.476.

Diterbitkan

2023-11-02

Cara Mengutip

Syafitriyani, D., Komariah, K., & Wahyuningsih, Y. (2023). RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE PADA MATA PELAJARAN IPS JENIS-JENIS PEKERJAAN DI SEKOLAH DASAR. JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL, 4(2), 105–118. https://doi.org/10.29303/pendas.v4i2.1509

Terbitan

Bagian

Articles