PERAN PENTING PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DALAM MATERI PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS 5 SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.29303/pendas.v3i2.1294Kata Kunci:
Education, learning, video media, science learning, blood circulationAbstrak
Media video merupakan salah satu media pembelajaran yang sering digunakan guru dalam proses belajar dan mengajar. Peran media ini sangat penting dalam memudahkan siswa memahami materi yang dirasa sulit untuk dimengerti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran penting penggunaan media video pembelajaran dalam materi peredaran darah manusia di kelas 5 sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi langsung. Sedangkan untuk teknik analisis data menghasilkan data deskriptif yang berupa pemaparan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan media yang sangat dibutuhkan dan penting dalam pembelajaran terutama pada materi peredaran darah ini. Mengingat pelajaran IPA merupakan salah satu pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa. Oleh karena itu perlunya guru dalam menyediakan media atau alat bantu seperti media video ini dalam pembelajaran.Referensi
Agustiningsih. (2015). “Video Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasarâ€. Jurnal Pendagogia Vol. 4(1) hlm. 50-58
Andhini Viginia, Wasitohadi. (2016). “Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Ditinjau Dari Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SDN 1 Gadu Sambong-Blora Semester 2 Tahun 2014/2015â€. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Vol. 6(2). Hlm 100-118
Anjar Sulistiawati, Andi Prastowo. (2021). “Penggunaan phet Sebagai Media Interaktif Pembelajaran Ipa Pada Kelas IV Sekolah Dasarâ€. PENDAS: Primary Education Journal Vol. 2(2). Hlm 138-147
Arby Nurul Trisawati, Marzuki, Suryani. (2016). “Pengaruh Pneggunaan Media Audiovisual Terhadap Perolehan Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Kelas Vâ€. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa Vol. 5(12)
Arif Yudianto. (2017). “Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaranâ€. Seminar Nasional Pendidikan. ISBN. 978-602-50088-0-1. Hlm. 234-237
Doni Gunawan. (2019). “Pengaruh Media Video Interaktif Terhadap Hasil Belajar Kognitif Kelas IV SD Negeri 2 Karangrejo Trenggalekâ€. EDUPROXIMA Vol. 2(1). Hlm 1-9
Firdaus. (2016). “Efektivitas Penggunaan Media Audio-Visual Dalam Pembelajaran Sainsâ€. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Vol. 2(1). Hlm 46-54
Izqy Yuan Andari Ms. (2019). â€Pentingnya Media Pembelajaran Berbasis Video Untuk Siswa Jurusan IPS Tingkat SMA Se-Bantenâ€. Prosidding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Vol. 2(1). Hlm 263-275
Ketut Agustini, Jero Gede Ngarti. (2020). “Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R&Dâ€. JIPP: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 4(1). Hlm. 62-78
Mhd. Ridha, Firman, Desyandri. (2021). “ Efektifitas Penggunaan Media Video Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid-19â€. Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 5(1). Hlm 154-162
N Lestari, dkk. (2021). “Efektivitas Pembelajaran PJOK Menggunakan Media Audio-Visual Saat Pandemi Covid-19 Di Bangka Belitungâ€. Riyadhoh: Jurnal Pendidikan Olahraga Vol. 4(1). Hlm 1-8
Nur Asriwiatun Ihda. (2016). “Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di MI Negeri Krangean Kertanegara Purbalingga Tahun Pelajaran 2015/2016â€. IAIN Purwokerto
Risca Ayu Arieshandy, Paradika Angganing, Sugeng Riyadi. (2022). “Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Penggunaan Media Audio Visualâ€. Educatif Journal of Education Research Vol. 4(2). Hlm 47-56.
Tahan Suci Windasari, Harlinda Syofyan. (2019). “ Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasarâ€. Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 10(1). Hlm 2019
Yopi Nopita Sari. (2020).†Pemanfaatan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran IPA Di SD IT Al Ahsan Selumaâ€. IAIN Bengkulu