PROSES PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MONTESSORI PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN UNTUK SISWA KELAS 1 SD
DOI:
https://doi.org/10.29303/pendas.v2i1.103Kata Kunci:
MEDIA PEMBELAJARAN, MONTESSORI, PENJUMLAHAN DAN PENGURANGANAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penggunaan media pembelajaran papan penjumlahan dan pengurangn montessori pada materi penjumlahan dan pengurangan untuk kelas 1 SD. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan responden 21 orang siswa yang terdiri dari 11 laki-laki dan 10 perempuan. Data diperoleh melalui hasil angket (kuesioner), wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 21 orang siswa 19 orang siswa memahami materi penjumlahan dan pengurangan serta dapat menggunakan media pembelajaran papan penjumlahan dan pengurangan montessori dengan sangat baik. Sedangkan 2 orang siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami materi penjumlahan dan pengurangan karena siswa tersebut mengalami lamban dalam belajar.Referensi
Anitah, S. 2010. Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.
Arif S. Sadiman,dkk. (2009). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta:Rajawali Press.
Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran . Jakarta: Rajawali Pers.
Destrinneli. Pengembangan Media Konkrit Pada Pembelajaran Kelas III SD. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar. Vol. 3, No. 2, 2018.
Dewi, Sari dan Putri, Yolanda Aouldri. Stimulasi Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia Dini Melalui Permainan Matematika Montessori. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol. 4, No 1, 2020.
Depdiknas. 2003. Undang-undang RI no. 20 tahun 2003. Tentang system pendidikan nasional.
Jalinus N & Ambiyar. 2016. Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Khoirunisa’, Siti. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Materi Perkalian dengan Penggunaan Alat Peraga Montessori. Jurnal Ibtida’i. Vol. 5, No. 2, 2018.
Moleong, Lexy J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mumtazah, Durotun & Rohmah, Lailatu. 2018. Implementasi Prinsip-prinsip Montessori dalam Pembelajaran AUD. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Vol. 3, No. 2, 2018.
Nugrahanta, Ari. Pengembangan Alat Peraga Matematika Berbasis Metode Montessori Papan Dakon Operasi Bilangan Bulat Untuk Siswa SD. Jurnal Penelitian. Vol XII, No. 2, 2016.
Permatasai, Rizky. Penggunaan Media Benda Konkret untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas IV SDN Krian IV Sidoarjo. Jurnal PGSD. Vol. 2, No. 2, 2014.
Arif S. Sadiman,dkk. (2009). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta:Rajawali Press.
Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran . Jakarta: Rajawali Pers.
Destrinneli. Pengembangan Media Konkrit Pada Pembelajaran Kelas III SD. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar. Vol. 3, No. 2, 2018.
Dewi, Sari dan Putri, Yolanda Aouldri. Stimulasi Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia Dini Melalui Permainan Matematika Montessori. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol. 4, No 1, 2020.
Depdiknas. 2003. Undang-undang RI no. 20 tahun 2003. Tentang system pendidikan nasional.
Jalinus N & Ambiyar. 2016. Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Khoirunisa’, Siti. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Materi Perkalian dengan Penggunaan Alat Peraga Montessori. Jurnal Ibtida’i. Vol. 5, No. 2, 2018.
Moleong, Lexy J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mumtazah, Durotun & Rohmah, Lailatu. 2018. Implementasi Prinsip-prinsip Montessori dalam Pembelajaran AUD. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Vol. 3, No. 2, 2018.
Nugrahanta, Ari. Pengembangan Alat Peraga Matematika Berbasis Metode Montessori Papan Dakon Operasi Bilangan Bulat Untuk Siswa SD. Jurnal Penelitian. Vol XII, No. 2, 2016.
Permatasai, Rizky. Penggunaan Media Benda Konkret untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas IV SDN Krian IV Sidoarjo. Jurnal PGSD. Vol. 2, No. 2, 2014.
Unduhan
Diterbitkan
2021-06-04
Cara Mengutip
Hartati, Y., Ilhamdi, M. L. ., & Khair, B. N. (2021). PROSES PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MONTESSORI PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN UNTUK SISWA KELAS 1 SD. JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL, 2(1), 67–71. https://doi.org/10.29303/pendas.v2i1.103
Terbitan
Bagian
Articles