PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN PELAJARAN PPKN KELAS V SDN 09 AMPENAN
DOI:
https://doi.org/10.29303/pendas.v2i1.102Kata Kunci:
Think Pair Share (TPS), Learning Outcomes, Pancasila and Civic EducationAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh Model Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa pada muatan pelajaran PPKn kelas V SDN 09 Ampenan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Ex Post Facto. Penyusunan skripsi ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan bulan Juni 2020. Populasi dalam penelitian ini terdiri 94 siswa. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah Purposive Sampling dengan jumlah siswa pada kelas VA sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan cara survey dengan metode pengumpulan data angket yang sudah dilakuakn uji ahli dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan bantuan SPSS 21 for Window. Dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas data. Hasil analisis menunjukan bahwa data angket keterlaksanaan pembelajaran dikategorikan baik dilihat dari skor yang didapatkan yaitu 80. Untuk data hasil belajar siswa dikatakan normal dengan hasil analisis sebesar .194 untuk nilai awal (penerapan model konfensional) sedangkan untuk penerapan model TPS nilai signifikannya sebesar 356. Jika diinterpretasikan maka nilai tersebut menjadi 0,194 untuk model konfenional dan 0,356 untuk penerapan model Think Pair Share. Jika dibandingkan dengan taraf signifikan 0,05. Nilai signifikan uji normalitas kedua nilai lebih besar dari 0,05 yang berarti bahwa data kedua nilai dapat dikatakan berdistribusi normal. Selanjutnya untuk uji homogenitas didapatkan hasil nilai signifikansi sebesar 0,110 > 0,05 maka data terdistibusi normal dan homogen. Uji hipotesis dengan uji t diperoleh nilai signifikansi sebesas 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima hasil analisis tersebut menunjukan ada pengaruh Model Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa pada muatan pelajaran PPKn kelas V SDN 09 AmpenanReferensi
Afianti, D., Witono, A. H., & Jiwandono, I. S. (2020). Identifikasi Kesulitan Guru Dalam Pengelolaan Kelas Di Sdn 7 Woja Kecamatan Woja Kabupaten Dompu. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(2), 203–213.
Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenadamedia Group.
At-Tabany, T. I. B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Prenada Media Group.
Hadi, A. (2005). Prinsip Pengambilan Sample Lingkungan. Gramedia Pustaka Utama.
Isjoni. (2013). Cooperative Learning: Mengembangkan Kemampuan Belajar Kelompok. Alfabeta.
Jiwandono, I. S. (2020). Analisis Metode Pembelajaran Komunikatif Untuk Ppkn Jenjang Sekolah Dasar. Elementary School Education Journal), 4(1), 9–19.
Jiwandono, I. S., Setiawan, H., Oktaviyanti, I., & Mataram, U. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Politisasi Corona Virus Disease ( Covid-19 ) Korespondensi : 4(62), 286–299.
Khairunnisa, Jiwandono, I. S., Nurhasanah, Dewi, N. K., Saputra, H. H., & Wati, T. L. (2019). Kampanye Kebersihan Lingkungan melalui Program Kerja Bakti Membangun Desa di Lombok Utara. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 230.
Lestari, P. Y. P. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Luas Permukaan Kubus Dan Balok Siswa Kelas Viii Mts Darussalam Rejotangan Tahun Ajaran 2014/2015. IAIN Tulungagung.
Nurfatimah, Affandi, L. H., & Jiwandono, I. S. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Kelas Tinggi Di SDN 07 Sila Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 145–154.
Priyatno Duwi. (2010). Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS dan Tanya Jawab Ujian Pendadaran. Gaya Media.
Setiawan, H., Aji, S. M. W. A., & Aziz, A. (2019). Pemanfaatan Model Pembelajara Think-Pair-Share Dan Snowball Throwing Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Lesson Study Di Sekolah Dasar. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar. 10 (2). DOI: doi.org/10.21009/JPD.0102.11
Sri Yulastri, R., & Silalahi, M.Pd, D. J. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik Siswa Kelas X Dpib Smk Dhuafa Padang. Cived, 6(3). https://doi.org/10.24036/cived.v6i3.106229
Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Bumi Aksara.
Yanti, L. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Kubus Dan Balok Di Kelas Viii Mts Al-Jihad Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Zain, S. B. D. & A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter : Konsepsi dan Aplikasinya Dalam. Lembaga Pendidikan. Kencana.