IDENTIFIKASI HAMBATAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK PADA GURU KELAS RENDAH DI SDN 02 MUJUR LOMBOK TENGAH

Penulis

  • Nurul Khaerina Khazni Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Nurul Kemala Dewi PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Awal N. K. Rosyidah PGSD FKIP Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/pendas.v2i1.101

Kata Kunci:

Hambatan, kurikulum 2013, SDN 02 Mujur

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Identifikasi Hambatan Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Pada Guru Kelas Rendah Di SDN 02 Mujur Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Kepala sekolah, guru kelas I, II, dan III SD Negri 02 Mujur.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan hambatan yang dialami oleh guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas rendah sebelum dan sesudah adanya Pandemi Covid-19. Sebelum adanya Pandemi Covid-19 hambatan yang dialami  guru adalah minimnya pengetahuan guru mengenai pembelajaran tematik, guru kesulitan dalam memahami apa saja komponen yang harus ada pada RPP tematik, kurangnya sarana dan prasarana yang menunjang pembelajaran seperti alat praga untuk mengajar, guru kesulitan dalam menerapkan kegiatan 5M di kelas rendah,  kurangnya antusias dari siswa di kelas II dan III dalam mengikuti pembelajaran tematik dan guru kesulitan untuk memberikan penilaian kepada siswa menggunakan penilaian K13. Hambatan guru pada pelaksanaan pembelajaran tematik setelah adanya Pandemi Covid-19 adalah guru kesulitan mengajar dari satu desa ke desa yang lain karena jarak antar desa yang berjauhan, tidak adanya fasilitas untuk mengajar seperti papan tulis, spidol,dan penghapus, banyak siswa yang absen dalam mengikuti pembelajaran dan guru tidak bisa memberikan penilaian secara maksimal  kepada siswa dikarenakan keterbatasan waktu tatap muka antara siswa dan guru saat belajar di tengah Pandemi Covid-19

Referensi

Ariesca, Y., Dewi, N. K., & Setiawan, H. (2021). Analisis Kesulitan Guru Pada Pembelajaran Berbasis Online Di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Maluk Kabupaten Sumbawa Barat. Progres Pendidikan, 2(1), 20-25.
Meleong, L.J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Remaja Rosda Karya.
S. Nasution. 1992. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung. Tarsito.
Sugiono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Sugiono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Syahrum dan Salim. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Cipta Pustaka Media.
Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Dini TK/RA & Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana Prenanda Media Group.
Widodo, Ari dkk. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI PR.

Diterbitkan

2021-06-04

Cara Mengutip

Khazni, N. K., Dewi, N. K., & Rosyidah, A. N. K. (2021). IDENTIFIKASI HAMBATAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK PADA GURU KELAS RENDAH DI SDN 02 MUJUR LOMBOK TENGAH. JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL, 2(1), 51–58. https://doi.org/10.29303/pendas.v2i1.101

Terbitan

Bagian

Articles