PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORY KINESTHETIC (VAK) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA SISWA KELAS III SDN 28 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.29303/pendas.v1i2.61Keywords:
Visual Auditory Kinesthetic, Hasil BelajarKognitif IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Visual Auditori Kinesthetic (VAK) terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa kelas III SDN 28Cakranegara. Desain penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Group Design, tehnik penentuan sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas III berjumlah sebanyak 73 orang siswa, dengan rincian kelas IIIA sebagai kelas eksperimen berjumlah 36 orang siswa, sedangkan kelas IIIB sebagai kelas kontrol berjumlah 37 orang siswa. Berdasarkan hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan menggunakan tehnik Independent Samples T-Test pada taraf signifikansi 5%, dengan berbantuan program aplikasi SPSS 21.0 for windows diperoleh nilai sebesar 3,633 sedangkan sebesar 2,003, maka lebih besar dari Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK) terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa.References
Kartika. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auitory Kinestethic Terhadap Hasil Belajar Kognitif IPA Siswa Kelas V SDN Negeri 3 Pesawaran Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi tidak diterbitkan. Lampung: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan.
Mariati. 2019. Hubungan Keterampilan Mengajar Guru Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa SDN Gugus I Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi tidak diterbitkan. Mataram: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram.
Sagala, S. 2011. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Mariati. 2019. Hubungan Keterampilan Mengajar Guru Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa SDN Gugus I Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi tidak diterbitkan. Mataram: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram.
Sagala, S. 2011. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
20-12-2020
How to Cite
Anggriani, S., I Ketut Widiada, & M Irawan Zain. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORY KINESTHETIC (VAK) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA SISWA KELAS III SDN 28 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 1(2), 78–84. https://doi.org/10.29303/pendas.v1i2.61
Issue
Section
Articles