PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORY KINESTHETIC (VAK) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA SISWA KELAS III SDN 28 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Penulis

  • Susi Anggriani Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Mataram
  • I Ketut Widiada Prodi PGSD FKIP Universitas Mataram
  • M Irawan Zain Prodi PGSD FKIP Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/pendas.v1i2.61

Kata Kunci:

Visual Auditory Kinesthetic, Hasil BelajarKognitif IPA

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Visual Auditori Kinesthetic (VAK) terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa kelas III SDN 28Cakranegara. Desain penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Group Design, tehnik penentuan sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas III berjumlah sebanyak 73 orang siswa, dengan rincian kelas IIIA sebagai kelas eksperimen berjumlah 36 orang siswa, sedangkan kelas IIIB sebagai kelas kontrol berjumlah 37 orang siswa. Berdasarkan hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan menggunakan tehnik Independent Samples T-Test pada taraf signifikansi 5%, dengan berbantuan program aplikasi SPSS 21.0 for windows diperoleh nilai  sebesar 3,633 sedangkan  sebesar 2,003, maka  lebih besar dari  Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa H0  ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK) terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa.

Diterbitkan

2020-12-20

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORY KINESTHETIC (VAK) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA SISWA KELAS III SDN 28 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. (2020). JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL, 1(2), 78-84. https://doi.org/10.29303/pendas.v1i2.61