Kesulitan Materi Teks Sastra di SMA dan Alternatif Pemecahannya
DOI:
https://doi.org/10.29303/kopula.v7i2.8035Kata Kunci:
kesulitan materi, teks sastra, SMA, pemecahanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan materi teks sastra di SMA sekaligus menawarkan alternatif pemecahannya melalui penelitian kepustakaan. Data yang digunakan bersifat sekunder melalui penelusuran di Google Scholar, baik berupa artikel ilmiah di jurnal maupun penelitian akhir perkuliahan. Penelusuran data menggunakan kata kunci pembelajaran teks sastra, tantangan, dan strategi memecahkan permasalahan pembelajaran di tingkat SMA. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kesulitan dalam pembelajaran teks sastra di sekolah, baik di ranah pengetahuan maupun di ranah keterampilan. Penelitian ini juga memberikan rekomendasi melalui pengembangan bahan ajar yang dapat dilakukan guru sekaligus memberikan muatan pengetahuan lokal agar pembelajaran menjadi lebih dekat dan menantang.
Referensi
Al-Tabany, T. I. B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Kencana.
Anderson, M., & Anderson, K. (2003). Text Types in English 3. Macmillan Ecucation Australia PTY LTD.
Artajaya, G. S. (2013). Pembelajaran Drama dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas XI IA3 SMA Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 4(1), 1–16.
Basuki, Suryani, Y. E., & Setiyadi, D. B. P. (2017). Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. LITERA, 16(1).
Dirawati, S. W. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Cerita Sejarah Menggunakan Metode Membaca SQ4R pada Siswa Kelas XII Listrik D SMK Negeri 1 Magelang Tahun Pelajaran 2016/ 2017 [Tesis]. Universitas Widya Dharma Klaten.
Evarnirmala, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Hikayat dengan Teknik Ecola Siswa SMA Sinar Kasih Sintang [Tesis]. Universitas Tanjungpura.
Hadi, D. C. (2015). Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Pengembangan Bahan Ajar Memahami Hikayatbermuatan Nilai-Nilai Moraluntuk Peserta Didik SMA/MA. SELOKA, 4(1), 1–8. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka
Indriani, L. T. (2018). Pengembangan Bahan Ajar LKPD Menganalisis Isi Novel Berbasis Discovery Learning dalam Pembelajaran Sastra di SMA/MA. Universitas Lampung.
Jamaluddin. (2002). Problematik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Adicita Karya Nusa.
Khotimah, D. (2016). Penerapan Model Image Streaming dalam Pembelajaran Menulis Puisi (Penelitian Eksperimen Semu di Kelas X SMAN 1 Lembang Tahun Ajaran 2015/2016) [Skripsi]. Universitas Pendidikan Indonesia.
Lestari, T. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Metode Paralel Writing Melalui Teknik Pengimajinasian Benda Abstrak Siswa Kelas X IPS 3 SMA Negeri 4 Pekanbaru. GERAM (GERAKAN AKTIF MENULIS), 7(1), 64–70.
Purnamasari, A., Suliani, N. N., & Widodo, M. (2013). Pembelajaran Apresiasi Drama Siswa Kelas XI SMA Negeri 16 Bandar Lampung. Jurnal Kata: Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 1(6), 1–8.
Sundayani, D. (2019). Peningkatan Keterampilan Menyusun Teks Cerita Sejarah Menggunakan Strategi Genius Learning Peningkatan Keterampilan Menyusun Teks Cerita Sejarah Menggunakan Strategi Genius Learning Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Kelas XII MIPA 1 di SMAN 8 Cirebon: Penilaian Tindakan Kelas. Jurnal Tuturan, 8(2), 73–85.
Swastika, I. A. A., Siswanto, W., & Lestari, I. (2012). Tren Pembelajaran Sastra: Telaah Model Pembelajaran dalam Penelitian Mahasiswa Universitas Negeri Malang Tahun 1990—2010. Vokal, 1(1), 1–10.
Ulya, C., & Suryanto, E. (2009). Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Pendekatan Sinektik. Paedagogia, 12(1), 42–51.
Wibowo, E. (2018). Pengembangan Modul Teks Hikayat bagi Siswa Kelas X Tingkat SMA [Tesis]. Universitas Lampung.
Yanda, D. P., & Ramadhanti, D. (2019). Problematika Pembelajaran Menulis Cerpen di Sekolah Menengah Tujuan SM3T. Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 9(1), 1–15. https://doi.org/10.22437/pena.v9i1.6898
Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Sutrisno Alfarizi, Sajidah Nur, Hamidah, Moh. Farhan, Novita Rohmah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).




